✔ Masyaallah! Pantas Saja Amalan Ini Disebut Jantung Tasbih - Juragan Do'a -->

✔ Masyaallah! Pantas Saja Amalan Ini Disebut Jantung Tasbih

Daftar Isi [Tampil]

Juragan Doa -  Masyaallah! Pantas Saja Amalan Ini Disebut Jantung Tasbih. Hampir semua diantara kita yang beragama Islam, Tentu sudah sangat akrab sekali dengan kalimat Tasbih ini. Misal kita mendengar "Sebagai makhluk Allah kita harus banyak bertasbih kepadaNya"

Arti Kata Kalimat Tasbih

Jadi arti kalimat kalau kontek diatas "Tasbih" mengandung arti berdzikir atau mengingat Allah SWT dengan meng Agungkan kesucian Allah SWT.  Banyak sekali keluarbiasaan dan manfaat kalimat tasbih ini, yang mana saking istimewanya sehinggat di sebut Jantung Tasbih.

Manfaat Jantung Tasbih

Sebagai manusia dan seorang hamba, kita mengakui sungguh tidak berdaya apalagi dihadapan Allah SWT. Maka dari itu sangatlah wajar jika kita memohon keselamatan baik didunia dan akhirat, salah satunya dengan mengamalkan sebanyak-banyaknya bacaan Jantung Tasih ini.

Asal Muasal Jantung Tasbih


Rasulallah SAW pernah mengisahkan dari Malaikat Jibril. Ada beberapa malaikat yang mengangkat Kursi Arasy, walaupun oleh malaikat tersebut terasa sangat berat, namun karena ini perintah Allah SWT mereka terus-menerus melakukannya. Malaikat tsb tidak berhenti mengucakan kalimat tasbih "Subhanallah"

bacaan doa kalimat tasbih

Sampai akhirnya malaikat jibril menyampaikan kepada malaikat pemikul Arasy ini untuk menambahkan kalimat "Subanallah" menjadi Subhanallah Walhamdulillah", kenapa ini disampaikan oleh Malaikat Jibril AS?

Karena ketika Allah pertama kali menciptkan manusia pertama bernama Adam A.S disaat sudah di tiupkan ruh ke jasad Nabi Adam A.S maka seketika itulah adam bersin dan dari mulut Nabi Adam A.S terucap kalimat "Alhamdulillah" dan itu terdengar oleh malaikat Jibril A.S sehingga disampaikan kepada para malaikat pemikul Arasy.

Saat kalimat itu di ucapkan oleh para Malaikat pemikul Arasy tadi,beban yang mereka pikul menjadi sedikit berkurang,melihat hal ini mereka akhirnya mendawamkan kalimat tersebut secara terus menerus.

Dan apa yang terjadi setelah malaikat Jibril A.S menyampaikan untuk menambahkan bacaan para malaikat pemikul Arasy tersebut, dalam riwayat tersebut beban yang semua dirasa amat berat disaat hanya membaca "Subhanallah" saat di tambahkan dengan kalimat "Walhamdulillah" beban arasy terasa menjadi sangat ringan.

Maka dari itu sampai akhirnya para malaikat terus-menerus membaca tasbih "Subhanallah Walhamdulillah"

Pada kisah yang lain diceritakan ketika Nabi Yunus A.S menjadi sasaran kemarahan sebuah kapal. Beliau akhirnya di lemparkan ke dalam lautan karena dianggap dialah pembawa kesialan pada kapal tersebut.

Kalau kisah ini diceritakan bagaimana Allah membuat skenario ketika Nabi Yunu di lemparkan kedalam Laut, lalu disambutlah oleh raja lautan yaitu sang Paus yang tanpa ampun menelan Nabi Yunus A.S mentah-mentah dan membawanya tenggelam sampai kedasar laut.

Namun Allah menunjukkan kekuasaanya dengan serta-merta membuat perut ikan paus tersebut, bak sebuah kaca aquarium yang sangat bening dan tembus pandang. Sehingga meskipun didalam perut ikat paus tapi Nabi Yunus A.S mampu memandang dengan leluasa keindahan dasar laut.

Sampai tidak disadaris oleh Nabi Yunus A.S beliau saking takjubnya mengucapkan kalimat "Laa Illaha Illallah" dan ucapkan kekaguman itupun sampai pula kepada Malaikat Jibril A.S. Sehingga, seketika itu pula malaikat jibril A.S menyampaikan kepada para malaikat pengangkat Arasy untuk membaca "Subnallah Wal Hamdulillah Walaa Ilaah Ilallah" dan disadari ketika itu oleh malaikat pengangkat Arasy bebannya semakin ringan saja.

Kami kisahkan pada cerita pada Nabi yang lain, ini pada Saat Nabi Musa A.S ini kisah ketika beliau di kejar oleh pasukan musuh besarnya yaitu Fir'aun dan sudah terpojok tidak ada lagi jalan untuk melarikan diri, karena pada saat itu satu-satunya jalan cuma dengan mengarungi lautan merah, sedangkan itu tidak mungkin karena Nabi Musa AS tidak mempunya kapal dan alat lainnya untuk mengarungi lautan merah tersebut.

Pada saat detik-detik terakhir Nabi Musa A.S memukulkan tongkatnya ke arah lautan merah sambil mengucapkan kalimat "Allahu Akbar" dengan ijin SWT lautan merah terbelah dan Nabi Musa dan pasukan menembus lautan yang terbelah tadi.

Dan pada kisah ini lagi-lagi malaikat Jibril A.S mendengar kalimat yang diucapkan oleh Nabi Musa A.S,. Maka, malaikat Jibril menyampaikan kepada para malaikat yang mengangkat atau menopang Arasy untuk menambah kalimat dalam tasbihnya menjadi "Subhanallah Wal Hamdulillah Walaa Ilaaha Ilallah Wallahu Akbar" dan yang rasakan beban arasy yang tipikul oleh para malaikat terasa sangat ringan sekali.
 
Ketika Rasullallah SAW mendengar tentang kisah ini, dengan izin Allah SWT dan perasaam takjub Rasulpun mengucapkan lafadz datau kalimat sbb:

"LAA HAULAA WALAA QUWWATA ILLA BILLAHIL 'ALIYYIL 'AZHIIM"

Ketika ucapan Rasulallah SAW terdengar ke telinga malaikat Jibril. Maka, Jibril A.S lagi-lagi menyampaikan kepada para malaikat pengangkat Arasy untuk kembali menambah kalimat yang dibacanya menjadi "Subhanallah Wal Hamdulillah Walaa Ilaaha Ilallah Wallahu Akbar Wa Laa Haulaa Walaa Quwwata Illa Billahil 'Aliyyil 'Azhiim"

Dan bacaan inilah yang kita kenal sekarang sebagai Bacaan "Jantung Tasbih"

Bacaan Doa Jantung Tasbih

"Subhanallah Wal Hamdulillah Walaa Ilaaha Ilallah Wallahu Akbar Wa Laa Haulaa Walaa Quwwata Illa Billahil 'Aliyyil 'Azhiim"

Manfaat Doa Jantung Tasbih

Kalau kita berkaca bagaimana kisahnya kalimat doa jantung tasbih ini, tentu tidaklah berlebihan jika kita mengambil kesimpulan apabila kita amalkan dengan istiqomah, maka akan banyak mendapat karunia dan keridhoan dari Allah SWT diantaranya sebagai berikut;
1. Allah mudahkan segala urusan dunia dan akhiratnya
2. Allah jauhkan dan selamatkan dari bahaya
3. Allah tambah kharisma atau wibawanya
4. Allah tanamkan kepada makhluk lain kecintaan kepadanya.


Sebenarnya masih banyak lagi manfaat luar biasa dari doa jantung tasbih ini, tapi tidak mungkin kami sebutkan satu-satu dalam tulisan yang singkat ini.  Salah satunya bagi seorang Al-hikmah ada memanfaatnya sebagai Tenaga Dalam Jantung Tasbih.

Itulah salah satu perbendaharaan banyaknya ilmu Allah SWT - Semoga manfaat.
Salam - Juragan Doa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel