✓ Doa Menanam Tanaman Agar Tanaman Subur Dan Berbuah Lebat Tidak Diganggu Hama - Juragan Do'a -->

✓ Doa Menanam Tanaman Agar Tanaman Subur Dan Berbuah Lebat Tidak Diganggu Hama

Daftar Isi [Tampil]

Doa Menanam Tanaman Agar Tanaman Subur Dan Berbuah Lebat Tidak Diganggu Hama - Indonesian negara yang kaya dan melimpah baik hasil tanah dan laut nya. Di negara kita yang subur hampir semua tanaman bisa hidup subur di sini, baik itu buah-buahan, sayuran, palawija beranekaragam jenis bunga dan berbagai tanaman bisa tumbuh dan hidup dengan subur nya.

Kita bisa menanam beraneka tanaman untuk kebutuhan kita sehari hari di pedesaan yang tanah nya masih luas para petani menanam padi,ubi,jagung dan banyak lagi yang di tanam.

Dan yang di kota pun walau tidak memiliki lahan yang lebar kita bisa menanam tanaman kita dengan menggunakan pot, alangkah senangnya jika tanaman yang kita tanam bisa tumbuh dengan subur.
 
Didalam agama islam sendiri tanam menanam sudah di ajarkan oleh baginda nabi Muhammad Saw, Dari Jabir bin Abdullah Rodhiyallohu ‘Anhudia bercerita bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:



Yang artinya:


“Tidaklah seorang muslim menanam suatu pohon melainkan apa yang dimakan dari tanaman itu sebagai sedekah baginya, dan apa yang dicuri dari tanaman tersebut sebagai sedekah baginya dan tidaklah kepunyaan seorang itu dikurangi melainkan menjadi sedekah baginya.” (HR. Imam Muslim Hadits no.1552)

Dalam menanaam tanaman pun ada banyak sekali kendala nya yang terkadang membuat tanaman yang kita tanam tidak bisa hidup dengan baik, ataupun ada banyak sekali serangan hama dan penyakit.

Berikut ini ada doa  menanam tanaman yang sangat baik bila kita akan menanam sebaiknya membaca Doa sebagai berikut:


A antum tazra unahu am nahnuz zariun


Artinya:
Apakah kamu yang menumbuhkannya atau Kami yang menumbuhkannya? Al Waqiah :64

Menanam tanaman tentunya kita mengaharapkan hasil yang baik bagi tanaman yang kita tanam, kita juga tentunya mengaharpakn tanaman kita bisa tumbuh subur dan bisa berubah lebat, hingga kita bisa menikmati hasil dari yang kita tanam.

Mendapat hasil yang bagus dan berbuah lebat kita bisa membaca doa agar tanaman bisa tumbuh subur dan bisa berbuah lebat hingga mendapat hasil panen yang memuaskan.

Bacalah Doa berikut:

Allâhummaj`alhu hartsan mubârakan, warzuqnâ fîhis salâmata wat-tamam, waj`alhu habban mutarâkibâ, walâ tahrimnî khayra mâabtaghî, walâ tafuttanî bimâ matta`tanî bihaqqi Muhammadin wa âlihith thayyibînath thâhirîn.

Artinya:

Ya Allah, jadikan bibit ini menghasilkan pertanian yang penuh berkah, karuniakan kepada kami dalam pertanian ini keselamatan dan kesempurnaan. Jadikan bibit ini keberhasilan yang melimpah. Jangan halangi aku dari kebaikan yang aku harapkan, dan jangan binasakan aku karena hasil yang menyenangkan, dengan hak Muhammad dan keluarganya yang baik dan suci.


Selain membaca doa meminta kepada Allah supaya tanaman kita bisa tumbuh subur dan bisa berbuah dengan lebat, kita juga bisa membuat pagar tanaman dengan doa dan senantiasa memohon kepada Allah agar bisa melindungi tanaman kita agar tetap subur dan bagus hingga nanti kita mendapatkan hasil atau dapat memanen hasilnya dengan hasil yang memuaskankan.

Membaca sholawat agar tanaman kita bisa terhindar dari hama juga kita bisa lakukan karena membaca solawat adalah cara ampuh juga untuk bisa membentengi kita dan apapun di sekiling kita karena bersolawat itu banyak sekali manfaat nya.

Sholawat merupakan doa agar keinginan tercapai, sehingga seseorang yang bersholawat juga berarti sudah mengundang kedatangan dari karunia serta segala nikmat dari Allah SWT.


Sebaiknya jika kita menanan ada di musim kemarau atau musim panas kita harus menyiram tanaman kita agar tanaman bisa tumbuh dengan baik. Sebaiknya memyiram tanaman jangan pada siang jari, menyiram tanaman saat matahari sedang panas-panasnya.

Air yang kamu berikan untuk tanaman akan lebih cepat menguap hingga 30%. Selain itu, kamu akan buat suhu tanah dan tanaman berubah dengan cepat dan hal itu berbahaya untuk proses kimia tanaman.

Ada baiknya ketika kita tengah menyiram tanaman kita juga menyertai aktivitas tersebut dengan doa menyiram tanaman, hal ini diharapkan agar apa yang kita lakukan menjadi berkah dan tanaman yang kita siram dapat tumbuh dengan baik.

Doa untuk menyiram tanaman cukup dengan membaca sholawat-sholawat nabi dan mengawali sholawat tersebut dengan bacaan basmalah.


Setiap kegiatan yang kita lakukan jika kita senantiasa meminta kepada Allah agar memudahkan segala urusan kita, maka semua akan terasa mudah karena kita tau ada Allah yang akan menjaga kita.

Itu pun berlaku saat kita sedang bercocok tanam maupun bertani, berkebun. Jika kita senantiasa membaca doa baik itu doa saat kita bertani, menanam padi kita membaca doa menanam padi, saat akan menanam jika di awali dengan membaca Bacaan Bismillah, dan membaca doa memohon agar tanaman kita akan bagus hingga panen nanti.


 Allâhumma kamâ araitanâ awwalahû, fa arinâ âkhirahû

Artinya,

“Tuhanku, perlihatkanlah kepada kami hasil akhir cocok tanam kami sebagaimana Engkau memperlihatkan hasil awalnya.”.
 
Saat menanam tanaman tentunya kita mengahrapkan hasil panen yang bagus dan memuaskan, maka dari itu selain berdoa agar tanaman kita tidak gagal panen, dan memohon agar tanaman kita tidak di serang hama  kita juga harus berusaha untuk menjaga nya agar tanaman kita menghasilkan hasil yang memuaskan dan berlimpah hasil panennya.

Sekian, semoga bermanfaat.

Salam - Juragan Doa


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel