Untuk Berikan Literasi Digital, Kominfo Bekerjasama Dengan Kampus Lewat Program KKN Mahasiswa - Juragan Do'a -->

Untuk Berikan Literasi Digital, Kominfo Bekerjasama Dengan Kampus Lewat Program KKN Mahasiswa

Daftar Isi [Tampil]

 



Dalam melaksanakan literasi digital, Kementrian Kominfo bekerjasama dengan kampus melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa.

Kominfo berkolaborasi dengan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) dan Pandu Digital Provinsi NTP untuk melaksanakan literasi digital KKN pada 8-9 Agustus lalu. Aktivitas ini dilakukan secara lansung di 10 desa. Hal ini dalam rangka pelaksanaan literagi digital KKN Mahasiswa UNU yang akan berlangsung sampai 31 Agustus nanti.

Program ini memiliki target 6.000 masyarakat mendapat literasi mengenai teknologi digital. Kominfo menargetkan pada tahun 2024, sebanyak 50 juta orang terliterasi digital.

Ini dikarenakan menurut survei Indeks Literasi Digital Nasional Indonesia Kominfo-Katadata Insight Center di tahun 2021, Indonesia masih berada di kategori "sedang" dalam literasi digital. Dari skor 5,00 poin, Indonesia hanya mendapat skor 3,49 poin. 

Untuk mengatasi hal tersebut, Kominfo bekerja sama dengan berbagai pihak salah satunya perguruan tinggi, untuk meliterasi masyarakat. Materi tersebut didasarkan pada 4 poin utama literasi digital yaitu kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital.

Materi ini diberikan dalam bentuk penyelenggaraan kuliah umum atau seminar yang dapat diikuti oleh pemuda karang taruna, kepala dusun, mahasiswa, dan masyarakat setempat. Literasi digital KKN ini nantinya juga melibatkan kepala Diskominfo setempat.

Untuk mengembangkan potensi desa tentang pemanfaatan teknologi digital, Ketua Tim Literasi Digital Sektor Pendidikan Kominfo, Bambang Tri Santoso, bersama mahasiswa akan mendampingi masyarakat selama KKN berlangsung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel