Siaran TV Analog Resmi Dimatikan Mulai Hari Ini 25 Agustus 2022 - Juragan Do'a -->

Siaran TV Analog Resmi Dimatikan Mulai Hari Ini 25 Agustus 2022

Daftar Isi [Tampil]

 



Mulai hari ini, Kamis 25 Agustus 2022, pemerintah akan mematikan siaran TV analog di Jakarta. Ini merupakan bagian dari program Analog Switch Off (ASO). Metode ASO akan diganti dari tiga tahap menjadi multiple ASO (tahap berganda). Metode ini dilakukan tergantung kesiapan teknis di tiap wilayah.

Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Kominfu, Ismail mengatakan mereka sudah tidak lagi mengadopsi metode ASO tiga tahap sejak 31 April kemarin. Menurut Ismail, melalui penerapan sistem ini setiap daerah yang sudah dinyatakan siap untuk melakukan ASO, akan dimatikan. Atau, kini suntik mati TV analog tidak lagi bergantung pada jadwal seperti rencana awal.

Multiple ASO ini adalah penerapan penghentian siaran TV analog yang dilakukan secara berkelanjutan hingga batas akhir migrasi penyiaran pada tanggal 2 November 2022. Nantinya, analog akan mati hidup-mati hidup, sampai ketika di hari tertentu diumumkan menjadi sepenuhnya ASO Jabodetabek yang ditargetkan akhir Agustus atau Awal September nanti.

Berlakunya siaran TV digital di suatu daerah akan mengacu pada tiga hal utama. Pertama, siaran TVB analog di wilayah tertentu akan dihentikan. Kedua, siaran TV digital sudah beroperasi pada cakupan siaran TV analog sebagai penggantinya. Ketiga, untuk warga yang tak mampu akan diberikan bantuan set top box gratis TV digital. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel