Menkominfo Ingin Bangun Search Engine Indonesia Bernama Gatotkaca - Juragan Do'a -->

Menkominfo Ingin Bangun Search Engine Indonesia Bernama Gatotkaca

Daftar Isi [Tampil]



Belakangan media sedang ramai memberitakan tentang search engine Gatotkaca buatan anak bangsa. Biasanya, kita pasti menggunakan search engine Google untuk berselancar di internet. Karena tidak mau kalah dari Google, Menkominfo Johny Plate mengatakan anak anak bangsa juga bisa membuat search engine sendiri.

Untuk tujuan independensi, Indonesia harusnya bisa memiliki search engine sendiri, kata Johny Plate. Banyak negara yang punya search engine sendiri contohnya mulai dari Amerika Serikat, China, Russia, dan Prancis. 

Berapa saat setelah Menkominfo mengeluarkan pendapat itu, muncul sebuah mesin pencarian yang diklaim buatan anak bangsa bernama Gatotkaca. Namun, belum diketahui siapa yang mengembangkan laman itu. Saat melakukan pencarian melalui https://gatotkaca.mooo.info hasil yang terlihat hanyalah "Ya ndak tahu, kok tanya saya". 

Ternyata, mesin pencarian tersebut hanya dibuat sebagai candaan. Karena usulan Kemkominfo untuk membuat search engine sendiri tidak semudah yang dipikirkan untuk dibuat.

Hingga saat ini Kemkominfo belum juga mengembangkan mesin pencariannya sendiri. Johny mengatakan membuat mesin pencarian butuh waktu dan biaya yang lebih banyak. Karena, mengingat saat ini juga masih berfokus pada penanganan Covid-19.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel