Game Lokal Paling Banyak Menghasilkan dari Penjualan Ekspor - Juragan Do'a -->

Game Lokal Paling Banyak Menghasilkan dari Penjualan Ekspor

Daftar Isi [Tampil]




 Cipto Adiguno, Presiden Asosiasi Game Indonesia (AGI) mengatakan Indonesia mendapat penghasilan terbesar di industri game sebagian besar berasal dari penjualan ekspor. Terutama ke negara Amerika Serikat dan Eropa.

Menurut Cipto, menjalin hubungan bisnis dengan mitra mitra dari luar negeri sangatlah penting bagi perusahaan game Indonesia. Pasar game di Indonesia juga dianggap sangat besar, bahkan sempat menempati nomor 16 sebagai pasar game terbesar di dunia.

"Orang orang Indonesia setiap tahunnya mengeluarkan uang sekitar 25 sampai 30 triliun rupiah untuk bermain game. Itu mungkin nomor 16 paling besar di dunia, tapi kalau dilihat dari market mobile saja, istilahnya smartphone saja, kita itu tergantung daerahnya ada yang nomor enam ada yang delapan," ucap Cipto.

Walaupun memiliki pasar potensial di pasar mobile di dalam negeri, Cipto mengatakan developer lokal sulit untuk menembusnya. Hal ini membuat developer developer yang membuat game Indonesia malah berpaling ke pasar luar, seperti Amerika dan Eropa. Karena diluar sana terdapat pasar yang signifikan, banyak fans, dan penjualanannya juga cukup besar.

Sejak 2017, industri game lokal semakin meningkat secara konsisten, bahkan berakselerasi untuk bersaing dengan game game luar.

"Jadi dukungan pemerintah terbukti secara data bahwa kita semakin banyak developer lokal, semakin banyak revenue yang dihasilkan. Kita harap momentum ini bisa terus terjaga. " kata Cipto

Industri game lokal harus berusaha lebih agar orang orang yang awalnya bermain game karena pandemi, tidak berhenti bermain game. Karena dengan pulihnya aktivitas pasca pandemi Covid-19, orang orang mungkin akan meninggalkan game dan melakukan aktivitas hiburan lain diluar.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel