CyberOne, Robot Humanoid Pertama Ciptaan Xiaomi - Juragan Do'a -->

CyberOne, Robot Humanoid Pertama Ciptaan Xiaomi

Daftar Isi [Tampil]

 





Tanggal 11 Agustus 2022, Xiaomi memperkenalkan smartphone layar lipat ciptaan mereka. Tak hanya itu, Xiaomi juga memperkenalkan robot humanoid pertama mereka, CyberOne.

Sebelumnya, Xiaomi sudah pernah membuat robot anjing bernama CyberDog. Perusahaan asal tiongkok ini melangkah lebih maju untuk membuat robot humanoid pertama mereka.

CyberOne memiliki tinggi 177cm dengan berat 52 kilogram. Robot ini dijuluki sebagai "Metal Bro", CyberOne juga memiliki zodiak yaitu Leo.

Wajah dari CyberOne dilengkapi dengan panel OLED melengkung yang membuatnya bisa melihat dunia dalam dimensi 3D. Ia juga dilengkapi dengan dua mikrofon layaknya telinga untuk mendengarkan.

Xiaomi mengembangkan algoritma kontrol di seluruh tubuh CyberOne agar robot tersebut dapat mengkoordinasikan pergerakan 21 sendi nya. CyberOne juga cukup kuat, ia bisa mengangkat beban seberat 1,5kg hanya dengan satu tangan.

Layaknya manusia, Robot humanoid ini juga memiliki 45 emosi semantik manusia dan membedakan 85 semantik lingkungan. CyberOne juga bisa mempelajari keterampilan baru yang didapat dari lingkungannya.

Lei Jun mengatakan " Kemampuan AI dan mekanis CyberOne semuanya dikembangkan sendiri oleh Xiaomi Robotics Lab. kami terlah berinvestasi dalam R&D yang mencakup berbagai bidang, termasuk inovasi perangkat lunak, perangkat keras, dan algoritma".

Robot bionik humanoid memerlukan tingkat integrasi teknis tertinggi dan menjadikannya tantangan terbesar di bidang robotika cerdas. "Kami pikir suatu hari nanti robot cerdas akan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat di masa depan" ucap Lei Jun.

Namun, robot ini belum diperjual belikan, kemungkinan robot Cyberone akan dihargai sekitar 600 ribu hingga 700 ribu yuan atau sekitar Rp 1,5 milyar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel