✔ Cara menghilangkan rasa malas dan putus asa yang berlebihan - Juragan Do'a -->

✔ Cara menghilangkan rasa malas dan putus asa yang berlebihan

Daftar Isi [Tampil]

Cara menghilangkan rasa malas dan putus asa yang berlebihan - Terhitung hampir 2 tahun sudah masa pandemi ini membuat kita lebih banyak melakukan aktivitas dari rumah. Banyak dari kita yang diharuskan bekerja dari rumah hingga anak-anak kita yang melaksanakan sekolah secara daring. Pandemic ini juga mem buat kita semakin terbiasa untuk melakukan segalanya serba online, entah itu membayar tagihan ataupun berbelanja kebutuhan sehari-hari. hal tersebut juga membuat kita semakin sedikit bergerak dan lebih banyak menikmati waktu kita untuk bersantai. 

Namun, sekarang ini aktivitas sudah mulai kembali normal, aturan-aturan baru sudah ditetapkan dan kita mulai bisa berpergian serta bekerja ataupun bersekolah seperti semula. Tapi, setelah terlalu lama terbiasa untuk melakukan segala hal dari jarak jauh dan juga secara daring, kita tentu harus kembali menyesuaikan diri untuk kembali kepada kebiasaan normal kita sebelum pandemic, dan banyak dari kita yang justru malas untuk kembali berinteraksi dan beraktivitas secara langsung saat ini. 

Cara menghilangkan rasa malas yang berlebihan

Kita sudah terlalu nyaman dengan berada di rumah dan dapat melakukan banyak hal, jadi ketika kita diharuskan kembali beraktivitas yang menguras lebih banyak energy, kita seringkali merasa ,malas. Rasa malas ini tentu saja berbahaya untuk kita, karena mau tidak mau kitapun harus bisa menyesuaikan diri kita dengan perubahan baru, sama seperti saat kita menyesuaikan diri kita di era awal pandemic. 

Baca Juga: ✔ Doa Saat Gerhana Bulan

Untuk dapat menghilangkan rasa malas kita yang berlebihan ini caranya adalah kita harus memiliki niat yang kuat untuk melawannya, melawan rasa malas kita, mulai buat jadwal yang teratur agar kita bisa jadi lebih produktif, dan jangan lupa untuk meminta kepada Allah. Jangan pernah malu untuk meminta kepada Allah untuk hal apapun karena Ia senantiasa mendengarkan doa-doa hamba-Nya. Mintalah kepada Allah agar Allah membantu kita menghilangkan rasa malas kita yang berlebihan, dengan doa berikut :

Cara menghilangkan rasa malas yang berlebihan 

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبُخْل

Allahumma inni a‘udzubika minal kasali wa a‘udzubika minal jubni wa a‘udzubika minal harami wa a’udzubika minal bukhli

“Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari rasa malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut, dan aku aku berlindung kepada-Mu dari pikun, dan aku berlindung kepadaMu dari sifat pelit.”

Cara lainnya yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan rasa malas kita yang berlebihan ialah dengan bergaul dengan orang-orang  yang produktif serta memiliki hal positif untuk dilakukan. 

Baca Juga: ✔ Jin Penghalang Jodoh Menurut Islam

Selain rasa malas yang menyerang, kita pun seringkali merasa putus asa ketika kita tidak berhasil melakukan sesuatu , lalu bagaimana cara kita agar dapat menghilangkan perasaan putus asa tersebut? 

Sama seperti ketika kita ingin menghilangkan rasa malas kita, ketika ingin menghilangkan rasa putus asa tersebut kitapun harus memiliki niat yang kuat. Setelah itu, banyak-banyaklah berpikir positif serta tidak lupa untuk berdoa kepada Allah agar Allah permudah jalan kita untuk melawan rasa putus asa. Kita dapat membaca doa berikut :

Cara menghilangkan rasa putus asa

فَسَتَذْكُرُونَ مَا أَقُولُ لَكُمْ ۚ وَأُفَوِّضُ أَمْرِي إِلَى اللَّـهِ ۚ إِنَّ اللَّـهَ بَصِيرٌ بِالْعِبَادِ

Artinya : “(Kiranya kamu tetap berdegil sekarang) maka kamu sudah tentu akan mengetahui kebenaran apa yang aku katakan kepada kamu; dan aku sentiasa menyerahkan urusanku bulat-bulat kepada Allah (untuk memeliharaku); sesungguhnya Allah Maha Melihat akan keadaan hamba-hambaNya

Doa tersebut dapat kita amalkan selepas kita melaksanakan sholat baik wajib maupun sunnar, tidak lupa dibarengi dengan sholawat serta pujian-pujian kepada Allah Swt. 

Semoga kita semua berhasil memerangi dan mengilangkan rasa malas sera rasa putus asa kita terhadap segala hal, serta semoga Allah lancarkan segala urusan kita.

Salam - Juragan Doa


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel