✔ Sekelumit Mengenai Almarhum Abuya Uci Turtusi - Juragan Do'a -->

✔ Sekelumit Mengenai Almarhum Abuya Uci Turtusi

Daftar Isi [Tampil]

Sekelumit Mengenai Almarhum 𝘼𝙗𝙖𝙝 𝘼𝙗𝙪𝙮𝙖 𝙐𝙘𝙞 𝙏𝙝𝙪𝙧𝙩𝙪𝙨𝙞 - Kalau dulu mungkin kita hanya mengenal ulama-ulama kharismatik seperi Habib Lutfi bin Yahya atau Abuya Muhtadi Cadas Sari, tetapi di Tahun-tahun belakangan ini kita sangat akrab dengan nama Abuya Uci Turtusi, terutama bagi orang Banten, tetapi juga terkenal ke daerah-daerah seluruh Indonesia yang bersuku sunda, Beliau tinggal sebuah Kampung yang bernama Cilongok, Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang - Banten.

Ciri khas dari Abuya Uci ini adalah dalam hal ceramahnya selalu menggunakan Bahasa Sunda dengan konsisten, dimanapun beliau mengadakan ceramah, baik di Daerah yang bukan Suku Sunda, tapi tetap Abuya Uci selalu menggunakan Bahasa Sundanya yang sangat khas.

Mungkin selama ini kita sering mendengar Abuya Dimyati, sebagian orang mengenalnya sebagai Ayahanda Abuya Muhtadi Cadas Sari Pandeglang, ternyata buat orang Tangerang beliau adalah Ayahanda dari Abuya Uci Turtusi Cilongok, hanya memang mempunyai kesamaan nama dan Kepopuleran ilmunya.

Baca Juga: ✔ Kisah KH Zainudin MZ ingin menjadi murid Abuya Uci Turtusi - Cilongok

Abuya Uci meneruskan estafet kepemimpinan dari Ayahandanya, yaitu memimpin Pesantren dan mengajar ngaji santri-santri beliau, serta rutin mengadakan pengajian setiap Hari Minggu, yang pelaksanaanya selalu membludak dihadiri para tamu yang ingin ikut mengaji dari berbagai daerah diseluruh Nusantara ini.

Kini Indonesia sudah sangat mengenal nama besar Abuya Uci Turtusi, bukan hanya di Daerah Banten dan sekitarnya, ke berbagai pulau sampai luar Jawa sangat banyak yang mengenal beliau. Bahkan ketika mengadakan Haul Tahunan Syech Abdul Qodir Al-Jailani selalu dihadiri oleh tamu-tamu dari Luar Negeri, seperti tokoh-tokoh dari Negara Arab Saudi, Mesir, Yaman, Turki, Irak dan bahkan dari India.

sosok almarhum abuya uci turtusi cilongok


Kharisma Abuya Dimyati dan anandanya Abuya Uci saat ini banyak dikagumi oleh Tokoh-tokoh Umat Muslim Manca Negara, Sampai-sampai mendiang Presiden RI semasa hidupnya yaitu Gusur (Abdurahman Wahid) sempat hadir di acara pengajian beliau, waktu itu sedang mengadakan Haul Tahunan Tuan Syech Abdul Qodir Jailani, memang acara ini rutin diadakan setiap Tahunnya.

Selama ini Abuya Uci selalu didatangai oleh hampir ribuan jama'ah apalagi ketika pada Hari Minggu semua orang ber duyun-duyun dari matahari masih gelap, hanya sekedar ingin bisa menghadiri pengajian rutin Mingguan di Mesjidnya yang berada di Kampung Cilongok.

Kalau kita pernah lewat pada Hari Minggu, pasti kita akan menyaksikan lautan manusia sampai tempat-tempat yang jauh ke lokasi tempat pengajian tersebut ikut penuh, di pinggir jalan, di toko-toko ramai mendengarkan pengajian Abuya Uci yang disiarkan melalui radio, karena untuk bisa mendekati ke lokasi pengajian sudah tidak muat lagi.

Baca Juga: ✔ Doa Amalan Untuk Mengembalikan Barang Hilang Atau Dicuri 

Bahkan setiap hari di Kampung Cilongok, sekitaran Mesjid yang digunakan Pengajian, selalu banyak ramai orang-orang yang berjualan berbagai jenis barang dari baju sampai makanan, buah-buahan semua lengkap. Mereka akan bertambah banyak jumlahnya ketika waktu pengajian Mingguan, serta tambah ramai lagi saat datang waktu Haul Tahunan Syech Abdul Qodir Jailani.

Mereka para Ulama yang sering bersinggungan dan terkesan sangat dekat dengan Abuya Uci, beliau-beliau ini saling bersinergi satu sama lain saling menguatkan. Diantaranya Alhmarhum Gusdur, Habib Lutfi bin Yahya serta Abuya Muhtadi Cadas Sari Pandeglang.

Kini Beliau Abuya Uci telah tiada meninggalkan berjuta-berjuta kenangan yang sangat dalam dalam relung hati ini, jangankan yang rutin menghadiri pengajian beliau. Banyak yang sedih meski pengenal beliau hanya lewat sosial media, rajin mendengarkan tausiyah Abuya Uci lewat channel Youtube. Kini kita semua kehilangan, kita semua berduka karena tepat Tgl 06 April 2021, beliau telah Wafat. Kita doakan beliau selalu naungi oleh kasih sayang Allah SWT.

Teruntuk Gurunda Tercinta Abuya Uci.. Latul Fatihah...

Salam - Juragan Doa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel