✔ Doa Bacaan Rukuk Dalam Sholat Bahasa Arab Sesuai Sunnah beserta Artinya - Juragan Do'a -->

✔ Doa Bacaan Rukuk Dalam Sholat Bahasa Arab Sesuai Sunnah beserta Artinya

Daftar Isi [Tampil]

 

Juragan Doa - Doa Bacaan Rukuk Dalam Sholat Bahasa Arab Sesuai Sunnah. Seperti yang kita sudah sepakati dan ketahui bersama salah satu gerakan dalam sholat yaitu rukuk, rukuk ini terdapat pada urutan ke lima (5) rukun sholat Mazhabnya Imam Syafi'i.

bacaan doa saat rukuk


Arti rukuk adalah gerakan membungkuk dalam salat dibarengi dengan membaca doa atu dzikir, hukumnya wajib jadi tidak laksanakan belum dengan sengaja maupun tidak mengakibatkan batal sholatnya. Hal ini sesuai dengan yang diterangkan oleh Syaikh al Albani "menerangkan ialah ba'da baginda (Rasulullah) selesai melafalkan al Qur’an, beliau berhenti sebentar, lalu menengadahkan kedua belah tangannya"


Bacaan yang dibaca ketika kita melakukan rukuk harus mengandung unsur mengaggungkan asma-asma Allah, sebagai hadist berikut;


Riwayat Hadits Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


فَأمَّا الرُّكُوعُ فَعَظِّمُوا فِيهِ الرَّبَّ – عَزَّ وَجَلَّ – ، وَأمَّا السُّجُودُ فَاجْتَهِدُوا فِي الدُّعَاءِ ، فَقَمِنٌ أَنْ يُسْتَجَابَ لَكُمْ


“Adapun ketika rukuk, maka agungkanlah Allah. Sedangkan ketika sujud, maka bersungguh-sungguhlah dalam berdoa, maka doa tersebut pasti dikabulkan untuk kalian.” (HR. Muslim, no. 479)


Rujukan Hadits shahih doa bacaan rukuk dalam sholat


Dasar dalilnya ada beberapa hadits tapi disini kita ambil yang utama saja, yang sudah mashur dikalangan ummat dan para ulama banyak sudah sepakat dan menggunakannya sebagai dasar dari pengambilan bacaan saat kita melaksanakan rukuk.


Dalam hadits Diriwayatkan oleh ‘Uqbah bin ‘Amir,


لَمَّا نَزَلَتْ (فَسَبِّحْ بِاسْمِ رَبِّكَ الْعَظِيمِ) قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « اجْعَلُوهَا فِى رُكُوعِكُمْ ». فَلَمَّا نَزَلَتْ (سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الأَعْلَى) قَالَ « اجْعَلُوهَا فِى سُجُودِكُمْ »


“Ketika turun ayat “fasabbih bismirobbikal ‘azhim”, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallamberkata, “Jadikanlah bacaan tersebut pada rukuk kalian.” Lalu ketika turun ayat “SABBIHISMA ROBBIKAL A’LAA”, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam katakan, “Jadikanlah pada sujud kalian.” (HR. Abu Daud, no. 869 dan Ibnu Majah, no. 887. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).


Ketika rukuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca,


سُبْحَانَ رَبِّىَ الْعَظِيمِ


“SUBHANAA ROBBIYAL ‘AZHIM


Artinya: “SUBHANAA ROBBIYAL ‘AZHIM

Maha Suci Rabbku Yang Maha Agung.” (HR. Muslim, no. 772)


Sedangkan dalam hadits lain terdapat anjuran untuk membaca doa rukuk ini tiga kali disebutkan dalam hadits riwayat Ibnu Mas’ud sbb,


إِذَا رَكَعَ أَحَدُكُمْ فَقَالَ فِى رُكُوعِهِ سُبْحَانَ رَبِّىَ الْعَظِيمِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ


Artinya:

“Jika salah seorang di antara kalian rukuk, maka ia mengucapkan ketika rukuknya “SUBHANAA ROBBIYAL ‘AZHIM (artinya: Maha Suci Rabbku Yang Maha Agung)”, dibaca sebanyak tiga kali.” (HR. Tirmidzi, no. 261, Abu Daud, no. 886 dan Ibnu Majah, no. 890. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini dha’if).


Bacaan doa rukuk Arab


سُبْحَانَ رَبِّىَ الْعَظِيمِ وَبِحَمْدِهِ


Bacaan doa rukuk Latin


“SUBHANAA ROBBIYAL ‘AZHIMI WA BI HAMDIH"


Arti Bacaan doa rukuk

"Maha Suci Rabbku Yang Maha Agung dan pujian untuk-Nya”

(Ini dibaca tiga kali)


(HR. Abu Daud, no. 870. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih, begitu pula Syaikh Al-Albani dalam Shifat Shalat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, hlm. 115. Kata Syaikh Al-Albani, hadits ini diriwayatkan pula oleh Ad-Daruquthni, Ahmad, Ath-Thabrani, dan Al-Baihaqi).


Kesimpulan Bacaan Doa saat Rukuk

Demikianlah yang bisa sharingkan kali ini mengenai doa yang dibaca dalam shalat, lebih tepatnya pada rukun sholat yang no. 5 yaitu rukuk. Semoga bisa lebih memantapkan keyakinan kita pada saat beribadah kepada Allah, karena mengeti dan faham ilmu dan dasar hukumnya.


Semog Manfaat


Salam - Juragan Doa


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel