✔ Bacaan Doa Mencukur Rambut Bayi Arab, Latin Beserta Artinya - Juragan Do'a -->

✔ Bacaan Doa Mencukur Rambut Bayi Arab, Latin Beserta Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Mencukur rambut bayi merupakan tradisi masyarakat penganut agama islam pada umumnya, waktu yang di ambil juga sedikit ada perbedaan dalam melaksanakan acara keramasan atau mencukur rambut bayi ini. Salah satunya pada hari ke 7 dari lahir si bayi dan ada juga yang melakukan potong rambut sang bayi ini pada hari yang ke 40.

Biasanya juga dilakukan selamatan sekalian mengadakan Aqiqahan atau bahkan sekalian melakasakan Qurban.

Apa dan bagaimana dengan dasar hukum mencukur rambut bayi ini akan kita bahas sedikit dibawah ini, sebagaimana hadist berikut;

“Seorang anak yang baru lahir tergadai dengan aqiqahnya, disembelih darinya (kambing) pada hari ketujuh kelahirannya, dicukur rambutnya dan diberi nama,” (HR. An-Nasa'I, Abu Dawud dan At-Tirmidzi). Setelah mencukur rambut bayi, disunahkan untuk bersedekah seberat rambut yang dicukur dengan emas atau perak.

Titik beratnya dengan hadist di atas adalah pada pelaksanaan sedekahnya, yang memang dengan sedekah sudah tidak diragukan lagi keutamaanya untuk berbagai kepentingan baik yang bersifat dunia dan juga akhirat.

Cara cukur rambut bayi baru lahir

Sebelum melakukan ritual potong rambut bayi ini, usahan tentunya alat pemotong rambut atau alat cukurnya yang steril. Agar tidak terjadi iritasi pada kulit kepada si bayi, karena kulit bayi sangat sensitif. Dan selanjutnya tidak kalau pentingnya membaca Doa mencukur rambut bayi.

Doa mencukur rambut bayi


Sebagai manusia biasa kita sangat merasa sering salah dan lupa, baik didalam perkerjaan kita sehari-hari dan sebagainya, maka dari itu sangatlah penting memohon kepada Allah semua hal untuk diberi kelancaran dan kesuseksan, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.

Maka dari itu bacalah Doa ini sebelum melaksanakan untuk mencukur rambut sang bayi

Bacaan Doa Mencukur Rambut Bayi Arab;


Doa Mencukur Rambut Bayi

Bacaan Doa Mencukur Rambut Bayi Latin;


Bismillâhirrahmânirrahîm. Alhamdulillâhirabbil ‘âlamîn. Allâhumma nûrus samâwâti wa nûrusy syamsyi wal qamari, Allâhumma sirruLlâhi nûrun nubuwwati RasuluLlâhi ShallaLlâhu ‘alaihi wasallam walhamduliLlâhi Rabbil ‘âlamin.


Arti Bacaan Doa Mencukur Rambut Bayi;

"Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, Ya Allah, cahaya langit, matahari dan rembulan. Ya Allah, rahasia Allah, cahaya kenabian, Rasululullah SAW, dan segala puji Bagi Allah, Tuhan semesta alam"

Sehabis itu dilanjutkan untuk meniup ubun-ubun si bayi dan tidak lupa juga membaca doa dibawah ini.

Doa Meniup Ubun-Ubun Bayi Arab

اللَّهُمَّ إِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Doa Meniup Ubun-Ubun Bayi Latin

Allâhumma innî u’îdzuhâ bika wa dzurriyyatahâ minasy syaithânir rajîm

Artin Doa Meniup Ubun-Ubun Bayi;

"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan untuk dia dan keluarganya dari setan yang terkutuk,".

Demikianlah artikel yang bisa kami bagikan mengenai Doa yang dibaca disaat melaksanakan Cukuran atau Mencukur Bayi. Semoga menjadi manfaat

Salam - Juaragan Doa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel