✓ Keutamaan Bacaan Doa Nabi Musa, Arab Latin dan Artinya - Juragan Do'a -->

✓ Keutamaan Bacaan Doa Nabi Musa, Arab Latin dan Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Nabi Musa

Sebagai umat muslim yang meyakini ke-25 nabi kita pasti tahu tentang Nabi Musa. Nabi Musa merupakan Seorang nabi yang hidup selama masa pemerintahan Firaun. Selain itu semasa hidupnya Nabi Musa telah melewati banyak ujian dan rintangan yang berat dan beliau dapat melaluinya dengan penuh kesabaran untuk itu Nabi Musa juga termasuk salah satu nabi yang digolongkan kedalam Ulul Azmi.

Banyak sekali godaan cobaan dan rintangan yang sudah nabi Musa AS hadapi untuk menyiarkan dakwahnya terlebih untuk memerangi Firaun. Kita juga tahu banyak sekali mukjizat hebat yang dimiliki nabi Musa seperti tongkatnya yang dapat membelah lautan dan tongkatnya yang dapat menjadi ular. Salah satu kekuatan Nabi Musa juga ialah doa-doanya. Doa Nabi Musa Sudah menemani Nabi Musa untuk berdakwah dan juga menemaninya untuk bersabar dalam segala rintangan dan cobaan yang ia lalui.

Kita juga tahu bahwa Raja Firaun merupakan salah satu raja yang sangat keji dalam pemerintahannya dan Salah satu raja yang menganggap bahwa dirinya ialah seorang Tuhan.

Doa Nabi Musa

Salah satu doa hebat yang dimiliki oleh Nabi Musa terdapat dalam  Al-Quran Surat Thaha ayat 25 sampai 28. Bacaan Doa Nabi Musa tersebut berbunyi sebagai berikut;

Bacaan Doa Nabi Musa Arab

keutamaan doa nabi musa

Bacaan Doa Nabi Musa Latin

“Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii.”

Arti Bacaan Doa Nabi Musa

“Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (QS. Thaha ayat 25-28).

Doa ini Nabi Musa baca ketika Iya akan memerangi Firaun yang keji dan menganggap dirinya sebagai Tuhan. Dalam memerangi Firaun Nabi Musa juga dikaruniai mukjizat Yang membuatnya menjadi lebih kuat dan berhasil dalam mengalahkan kemungkaran.

Makna Doa Nabi Musa

Dalam Doa tersebut Nabi Musa meminta kepada Allah agar dilapangkan dadanya dalam hal ini bermakna bahwa Nabi Musa berharap dan meminta kepada Allah agar Allah melapangkan hatinya agar hatinya mudah untuk menerima Hidayah serta petunjuk agar ia dapat menegakkan kebenaran dengan hati yang lapang.

Makna dalam kalimat mudahkanlah urusanku untukku ialah bahwa Nabi Musa meminta kepada Allah agar dalam memerangi kebatilan dan juga menegakkan kebenaran dengan cara melawan Raja Firaun Nabi Musa diberi kemudahan dan juga agar dakwahnya dapat diterima dan ia diselamatkan dunia dan akhirat.

Cara Mengamalkan Doa Nabi Musa

Doa Nabi Musa ini juga dapat kita lakukan ketika kita sedang dalam kesulitan atau ketika kita sedang memiliki urusan dan ingin meminta Pertolongan Allah agar Allah senantiasa membantu kita dan mempermudah kita dalam segala kesulitan kita. Sehingga dua ini dapat kita baca kapanpun dan dimanapun lebih baik apabila kita membaca doa ini secara rutin dan membacanya pada waktu yang mustajabah. Amalan doa Nabi Musa ini sangatlah baik untuk ketentraman diri kita dan juga rasa percaya diri agar kita tidak takut untuk menghadapi apa yang akan terjadi dan percaya bahwa Allah akan menolong kita selalu kita berada di jalan yang benar.


Doa Nabi Musa Lainnya

Dengan banyaknya cobaan dan ujian yang telah Nabi Musa hadapi Nabi Musa tidak pernah meninggalkan atau melupakan Allah ia selalu berdoa dan meminta kepada Allah agar segala urusannya dapat melancarkan selain doa Nabi Musa yang tercantum dalam surat tadi Adapun doa-doa lainnya yang tercantum dalam Al Hadis dan Alquran seperti berikut

1. Bacaan Doa Supaya Terhindar dari Fitnah


doa nabi musa arab dan latin.png

Artinya :


“Kepada Allahlah kami bertawakkal! Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi kaum yang zalim, dan selamatkanlah kami dengan rahmat Engkau dari (tipu daya) orang-orang yang kafir.” (QS. Yunus ayat 85-86).

Udah ini dapat kita baca jika kita merasa Berada di posisi yang terancam dan tidak menguntungkan atau ketika kita sedang menghadapi seseorang yang dzolim entah itu penguasa atau orang-orang yang berada di sekitar kita.

2. Bacaan Doa Memohon Petunjuk

رَبِّ نَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ
عَسَىٰ رَبِّي أَنْ يَهْدِيَنِي سَوَاءَ السَّبِيلِ

Artinya :

“Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dari orang-orang yang zalim itu. Mudah-mudahan Tuhanku memimpinku ke jalan yang benar.” (QS. Al-Qashash Ayat 21-22).

Udah ini Dapat dibaca untuk meminta petunjuk apabila kamu sedang mereka tersesat dan ada di jalan yang salah juga dapat digunakan untuk berdoa agar Allah senantiasa membimbing kita ke arah jalan yang benar dan diridhoi oleh Allah.

3. Bacaan Doa Memohon Kebaikan

 رَبِّ إِنِّي لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ

Artinya :

“Ya Tuhanku sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.” (QS. Al-Qashash Ayat 24).

Banyak sekali doa Nabi Musa yang dapat kita lakukan untuk kehidupan sehari-hari di badan menolong kita serta mengingatkan kita supaya jika pun kita sedang berada dalam masalah atau berada di titik terendah sekalipun tidaklah pantas kita meninggalkan Allah karena Allah sendiri pun selalu bersama kita dan akan menolong kita untuk itu selalu memohon pertolongan kepada Allah dan berserah diri hanya kepada-Nya. Banyak juga pelajaran yang dapat diambil dari Nabi Musa salah satunya adalah menjadi seseorang yang tabah dan sabar dalam menghadapi berbagai cobaan dan tidak putus asa ketika gagal dalam melakukan sesuatu karena jika kita berada di jalan yang benar maka kita akan memenangkannya.

Sekian - Juragan Doa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel