✔ Ingin Anak Anda Cerdas Sejadi dini? Pakai ini! 5 Cara Jitu Mendidik Anak - Juragan Do'a -->

✔ Ingin Anak Anda Cerdas Sejadi dini? Pakai ini! 5 Cara Jitu Mendidik Anak

Daftar Isi [Tampil]

Beberapa orang mengatakan, anak cerdas itu jago matematika, ada yang mengatakan cerdas itu pintar bahasa Indonesia, ada yang mengatakan cerdas itu pintar bahasa Inggris, ada juga yang mengatakan cerdas itu lulusnya dengan nilai yang wah.

Ya.. terserah anda ya... sebenarnya cerdas itu maknanya emang macam-macam, setiap orang memaknai cerdas itu sesuai dengan konteks hidupnya masing-masing, sesuai dengan pengalaman pengalaman yang pernah mereka lewati. Tapi yang pasti, semua orang itu cerdas dan kita tidak boleh membandingkan dan mengukur kecerdasan satu individu dengan individu lain.

5 Cara Jitu Mendidik Anak and Agar Cerdas Sejak Dini

5 Cara Jitu Mendidik Anak Agar Anak Anda Cerdas Sejak Dini


Sekarang saya akan membagikan 5 tips Bagaimana caranya supaya kita bisa punya anak yang cerdas sejak dini sebagaimana dibawah ini:

1. Tips yang pertama adalah ciptakan lingkungan yang menantang

Banyak sekali orang tua zaman sekarang itu nggak mau anaknya susah, dia pengen anaknya itu selalu dalam keadaan yang aman-nyaman dan selalu dimudahkan. Oke nggak masalah! Tapi, ketika Anda terlalu berlebihan dalam memperlakukan anak Anda seperti itu, pada akhirnya anak Anda akan manja, akan jadi malas untuk berpikir.

Karena ia buat apa dia mikir, karena semua kemudahan sudah dia dapatkan, semua fasilitas bisa dia raih dengan sangat mudah, karena orang tuanya. Ketika anda ingin punya anak yang cerdas Anda harus ciptakan lingkungan yang menantang, buat anak itu merasa bahwa dia punya kemampuan, buat anak anda itu merasa bahwa saya ini berguna, saya ini dibutuhkan.

Jadi ajak dia beraktivitas, ajak dia berkegiatan di mana kemampuannya itu bisa terlihat. Supaya dia merasa bahwa dia itu dibutuhkan, dia punya manfaat dia, punya potensi.

2. Terus yang kedua adalah tingkatkan kemauan belajar anak anda

Jadi yang namanya kecerdasan itu dia tidak tetap, kecerdasan itu bisa ditingkatkan dan bisa dikembangkan. Dulu waktu SMA saya pernah ikut tes aqiu, dan saya itu ada di angkat sekitar 110, dan itu tergolong normal. Ketika saya ingin meningkatkan kecerdasan intelektual saya, maka saya bisa melakukannya syaratnya. Syaratnya adalah punya kemauan! Caranya supaya anak kita punya kemauan  dia tadi, balik lagi ke tips yang pertama "ciptakan lingkungan yang mendukung untuk anak-anak anda" ciptakan lingkungan yang menantang, ajak dia belajar, ajak dia berfikir.

3. Tips yang ketiga adalah menambah pengalaman anak.

Ajak anak anda untuk sering-sering beraktivitas di luar rumah, ajak-anak anda untuk sering-sering mempraktikkan teori, mempraktikkan ilmu. Jangan Anggap bahwa anak-anak yang sekolah dari pagi sampai dengan sore hari, kemudian dia ikut kursus malam hari, masih harus belajar mengerjakan PR dan mempersiapkan materi pelajaran untuk esok hari.

Jangan pikir bahwa artinya itu anak saya sudah pintar, nggak seperti itu! Sekolah itu hanya mengajarkan teori sama kita selama ini, sekolah itu hanya mengajarkan gimana caranya menghafal, gimana caranya mengulang informasi, praktik itu jarang sekali dilakukan.

Supaya anak kita cerdas, dia harus lebih sering praktek daripada belajar teori. Jadi belajar teori itu penting, baca buku itu penting, tapi sifatnya itu hanya untuk menambah wawasan.

4. Keempat adalah perhatikan diri anda sendiri

Ketika anda ingin punya anak yang cerdas, tapi anda itu kerjaannya setiap hari adalah nonton sinetron setiap habis maghrib sampai dengan tengah malam, hobi anda adalah tiduran, ngemil daripada beraktivitas diluar dan mencari pengalaman. Maka anak Anda pasti akan meniru kebiasaan Anda, Anda harus ingat satu hal, ketika anda ingin punya anak yang cerdas, anak yang punya moral baik, anak yang bersemangat dan antusias belajar, Anda harus bersikap sesuai dengan harapan Anda terhadap anak-anak anda.

5. Yang kelima adalah perhatikan gaya hidup Anda

Apa yang Anda makan, apa yang anda minum, bagaimana cara anda habiskan waktu anda, apakah lebih sering berolahraga atau lebih sering tiduran dan ngemil di rumah, itu pasti mempengaruhi kecerdasan Anda. Dan bagaimana anda memanfaatkan otak anda, itu juga sangat mempengaruhi kecerdasan anda.

Ketika anda lebih sering menghafal, Anda jarang sekali mengevaluasi ,menganalisa. Anda jarang sekali berpikir bahkan ada malah tidak pernah menggunakan otak anda, pasti akan mempengaruhi kecerdasan anda. Jadi perhatikan gaya hidup anda perhatikan gaya hidup anak-anak anda.

Nah demikian 5 yang sudah kami bagikan bila Ingin Anak Anda Cerdas Sejadi dini? Pakai ini! 5 Cara Jitu Mendidik Anak. Semoga bermanfaat

Salam - Juragan Doa


 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel