✔ Bacaan Adzan di Telinga Kanan, dan Iqomah di Telinga Kiri Bayi - Juragan Do'a -->

✔ Bacaan Adzan di Telinga Kanan, dan Iqomah di Telinga Kiri Bayi

Daftar Isi [Tampil]

Keimanan Bayi yang Baru Lahir - Apa yang paling ditunggu-tunggu  dari sebuah pasangan  adalah kehadiran seorang anak bagi mereka yang akan melanjutkan garis keturunan. Ketika seorang bayi masih di dalam kandungan kedua orang tuanya begitu menjaganya mereka juga sangat menunggu kehadiran bayi kecil tersebut untuk hadir di tengah-tengah mereka. Kedua orang tua aku selalu menyayangi anak mereka sejak anak itu masih ada di dalam kandungan hingga anak itu beranjak dewasa dan tumbuh Mandiri.

Anak juga menjadi tanggungan orang tua dimana masa depan mereka juga akan ditentukan kan dengan bagaimana orang tuanya mendidiknya sejak kecil. Baik itu akhlak, perilaku, serta banyak aspek lagi dalam diri anak itu. Hal yang terpenting yang harus orang tua ajarkan kepada anaknya tentu saja perihal agama. Hal paling krusial yang akan anaknya bawa hingga dewasa adalah keimanannya. Hal tersebut selain harus tercermin dari kedua orang tuanya juga harus sudah ditanamkan sejak kecil.

Anak yang tumbuh dengan keimanan yang kuat maka akan terbimbing juga ke jalan yang benar dan dapat tumbuh dengan baik juga hidup sesuai dengan syariat Islam. Tentu saja hal ini menjadi tanggung jawab besar bagi orang tua yang harus menanamkan pendidikan pendidikan keimanan dan pengetahuan agama kepada anaknya. Hal ini tentu saja sudah harus dilakukan sejak anak berusia dini Selain itu salah satu kewajiban seorang ayah dan juga wajib untuk membacakan adzan dan iqomah di telinga bayinya yang baru lahir.

Bacaan Adzan dan Iqomah Untuk Bayi
Membacakan adzan dan iqamah untuk bayi juga didasarkan kepada hadis berikut ini:

Bacakanlah kepada anak-anak kamu kalimat pertama dengan ‘Laa ilaaha illallaah’ (tidak ada Tuhan selain Allah).” (HR. Hakim).


Bacaan Adzan di Telinga Kanan Bayi

Bacaan Adzan Arab

Bacaan Adzan Arab.png


Bacaan Adzan Latin

Allaahu Akbar, Allaahu Akbar (2x)
Asyhadu allaa illaaha illallaah (2x)
Asyhadu anna Muhammadar rasuulullah (2x)
Hayya ‘alashshalaah (2x)
Hayya ‘alalfalaah (2x)
Allaahu Akbar, Allaahu Akbar (1x)
Laa ilaaha illallaah (1x)


Arti bacaan Adzan

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar
Aku menyaksikan bahwa tiada Tuhan selain Allah
Aku menyaksikan bahwa nabi Muhammad itu adalah utusan Allah
Marilah Sholat
Marilah menuju kepada kejayaan
Allah Maha Besar, Allah Maha Besar
Tiada Tuhan selain Allah


Bacaan Iqomah di Telinga Kiri Bayi

Bacaan Iqomah Arab

للهُ اَكْبَرُ ،اَللهُ اَكْبَرُ
أَشْهَدُ اَنْ لَا إِلٰهَ إِلَّااللهُ
اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ
حَيَّ عَلَى الصَّلَاةِ
حَيَّ عَلَى الْفَلَاحِ
قَدْ قَامَتِ الصَّلَاةُ ،قَدْ قَامَتِ الصَّلَاةُ
اَللهُ اَكْبَرُ ،اَللهُ اَكْبَرُ
لَاإِلٰهَ إِلاَّاللهُ

Bacaan Iqomah Latin

Allaahu Akbar, Allaahu Akbar
Asyhadu allaa illaaha illallaah
Asyhadu anna Muhammadar rasuulullah
Hayya ‘alashshalaah
Hayya ‘alalfalaah
Qad qaamatish-shalaah, Qad qaamatish-shalaah
Allaahu Akbar, Allaahu Akbar
Laa ilaaha illallaah


Arti Bacaan Iqomah

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar
Aku bersaksi bahwa Tiada Tuhan melainkan Allah
Aku bersaksi bahwa nabi Muhammad itu adalah utusan Allah
Marilah Sholat
Marilah menuju kepada kejayaan
Sesungguhnya sudah hampir mengerjakan sholat
Allah Maha Besar, Allah Maha Besar
Tiada Tuhan selain Allah

Manfaat Mengumandangkan Adzan dan Iqomah pada Bayi

Setelah kita mengetahui bahwa kewajiban seorang ayah untuk anak yang baru lahir juga Adalah anaknya di kuping sebelah kanan dan membacakan iqomah di telinga sebelah kiri anaknya maka Adapun manfaat dari membicarakan adzan dan iqomah di telinga bayi yang baru lahir adalah

1. Penghujaman Tauhid

Apa yang telah mengajarkan merupakan pengajaran tauhid maka ketika seorang anak baru lahir dan datang ke dunia ini salah satu hal yang paling penting juga adalah dengan menanamkan tauhid atau menghujamkan tauhid kepada dirinya agar dalam dirinya terdapat Fitrah keimanan yang kokoh.  penghujan tauhid juga dapat kita Artikan sebagai sarana pendekatan yang baik kepada Ilahi.

 2. Menjaga Anak dari Gangguan Setan

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa

“Saya mendengar Rasulullah bersabda, “Tidak ada seorang anak Adam yang lahir, kecuali ia pegang oleh setan ketika ia dilahirkan sehingga ia berteriak menangis karena pegangan setan kecuali Maryam dan anaknya.” (HR.Darimi).


Dan seperti yang sering kita dengar bahwa suara adzan juga mampu mengusir setan-setan maka inilah salah satu tujuan dan manfaat dibacakannya adzan dan iqomah di telinga bayi yang baru lahir agar setan-setan tersebut pergi dan menjauhi keberadaan sang bayi.

Adapun, Diriwayatkan dari Husain bin Ali bahwasannya Rasulullah bersabda :
“Barang siapa mempunyai anak, kemudian ia mengumandangkan adzan pada telinga kanannya dan mengumandangkan iqamah pada telinga kirinya, maka selamatkan ia dari bisikan jin dan manusia.” (HR.Ibnu Sunni dan Ibnu Ady).


 3. Membangun Kecerdasan Anak

MK pendidikan penting harus kita tanamkan kepada anak adalah kecerdasan dalam hal spiritual? Maka kecerdasan tersebut dapat ditanamkan bahkan bijak anak tersebut baru lahir dengan dibacakannya ayat-ayat yang di sini dibacakan dengan lantunan adzan dan iqomah. Allah SWT juga berfirman:

“Dia-lah yang membangkitkan di kalangan orang yang buta huruf seorang Rasul dari mereka yang membacakan atas mereka ayat-ayat-Nya, menyucikan mereka, mengajarkan mereka kitab dan hikmah, dan mereka itu sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata.” (QS. Al Jumu’ah ayat 2).


Artinya bahwa kita dapat membimbing anak dengan bacaan ayat-ayat dan itu merupakan salah satu kekuatan untuk menanamkan kecerdasan spiritual kepada anak.

Semoga ada hal baik yang dapat kita ambil dari sini dan dapat kita makan bersama-sama sertar kita dapat membimbing anak-anak kita dan menanamkan kepada mereka keimanan dan juga kecintaan kepada Islam.

Semoga bermanfaat - Juragandoa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel