✔ 4 Tata Cara Berdoa Agar Dikabulkan Allah - Juragan Do'a -->

✔ 4 Tata Cara Berdoa Agar Dikabulkan Allah

Daftar Isi [Tampil]

Tata Cara Berdoa Agar Dikabulkan Allah - Ketika kita memiliki sebuah keinginan atau sesuatu yang ingin kita capai selain usaha yang sudah kita lakukan apa yang harus kita lakukan? Iya jawabannya adalah meminta kepada Allah atau hal tersebut disebut dengan berdoa kepada Allah. Seperti yang kita semua ketahui bahwa setiap usaha kita tanpa dibarengi dengan berdoa itu sama saja dengan sombong karena setiap apapun yang kita dapatkan ialah pemberian dari Allah. sedangkan setiap doa kita tanpa usaha apapun itu sama saja dengan bohong karena segala sesuatu yang kita inginkan tetap harus kita usahakan sampai batas maksimal yang kita bisa.


Namun dalam berdoa ada beberapa hal yang harus kita perhatikan ini disebut juga sebagai tata cara dalam berdoa. Tata cara dalam berdoa juga dianggap penting ketika kita sedang berdoa karena bisa jadi itu juga mempengaruhi tersampaikannya doa kita.  ada juga yang menyebutkan bahwa kita harus memperhatikan tata cara berdoa kita agar doa kita dikabulkan oleh Allah.


Apa saja tata cara dalam berdoa agar doa kita dikabulkan? Di bawah ini akan kita bahas beberapa tata cara ketika kita sedang berdoa.


1. Mengetahui Adab Dalam Berdoa

Yang pertama adalah mengetahui adab dalam berdoa. Mengapa demikian, tentu saja ketika kita ingin meminta sesuatu kepada Allah kita harus memintanya dengan adab yang benar. Layaknya ketika kita ingin meminta sesuatu kepada orang tua kita putus saja kita juga akan mengatakannya dan menyampaikannya dengan adab yang baik. Maka apalagi ketika kita ingin meminta atau memohon kepada Allah tentu saja kita harus mengetahui dan menerapkan adab adab yang baik tersebut. Berikut ini adab-adab dalam berdoa.


  • A.  Menghadap kiblat
  • B. Berdoa debgan khusyu dan bicara dengan suara yang lirih
  • C. Yakin bahwa doa kita akan Allah kabulkan
  • D. Mengulang doa dan mengucapkannya dengan tidak terburu-buru
  • E. Tidak lupa untuk mengawali doa dengan memuji Alah dengan keagungan dan kebaikan-Nya serta membaca sholawat.
  • F. Berdoa untuk kebaikan
  • G. Berdoa pada waktu yang mustajab


2. Menengadahkan Tangan

Tata cara berdoa yang selanjutnya adalah dengan menengadahkan tangan. Ketika kita sedang berdoa dianjurkan untuk kita mengangkat kedua tangan kita dan memohon dengan sungguh-sungguh kepada Allah.  seperti yang disebutkan pada sebuah hadis berikut:

4 cara teknik berdoa agar mudah terkabul


Artinya :


“Meminta itu, engkau mengangkat kedua tangan sejajar dengan bahu seperti itu, istighfar ialah dengan berisyarat dengan satu jari, sedangkan ibtihal (mengadu) yaitu dengan menjulurkan (membuka) semua tanganmu.” (HR. Abu Dawud).


3. Menatap Langit Ketika Berdoa

 Lebih banyak ulama yang berpendapat bahwa menatap langit ketika salat adalah hal yang tidak boleh dilakukan namun para ulama juga berpendapat bahwa menatap langit ketika berdoa adalah hal yang diperbolehkan dan merupakan struktur tata cara ketika sedang berdoa.


Hal itu didasarkan kepada hadis berikut ini

الْمَسْأَلَةُ اَنْ تُرْفَعَ يَدَيْكَ حَذْوَ مَنْكِبَيْكَ أَوْ نَحْوَهَمَا وَالْاِسْتِغْفَارُ أَنْ تُشِيْرَ بِأَصْبُوْعٍ وَاحِدَةٍ وَالْاِبْتِهَالُ اَنْ تَمُدَّ يَدَيْكَ جَمِيْعًا


Artinya :


“Meminta itu, engkau mengangkat kedua tangan sejajar dengan bahu seperti itu, istighfar ialah dengan berisyarat dengan satu jari, sedangkan ibtihal (mengadu) yaitu dengan menjulurkan (membuka) semua tanganmu.” (HR. Abu Dawud).


4. Mengetahui Syarat Terkabulnya Doa

Ketika kita sedang berdoa tentu saja kita juga harus mengetahui apa saja syarat agar doa kita dapat terkabul. Seperti saat kita hendak melamar sebuah pekerjaan tentu saja kita juga harus mengetahui bukan apa saja syarat agar kita bisa diterima ditempat tersebut atau sebagai profesi tersebut. Nah, begitupun dengan berdoa, kita harus mengetahui syarat syarat apa saja yang dapat membuat doa kita terkabul. Syarat syarat tersebut adalah:

  • a. Doa yang kita panjatkan adalah untuk kebaikan
  • b. Apa yang kita makan dan minum merupakan sesuatu yang halal
  • c. tidak terburu-buru ketika sedang berdoa
  • d. tidak lupa bahwa doa juga merupakan salah satu bagian dari ibadah
  • e. penuh ketakwaan kepada Allah
  • f. penuh keyakinan bahwa doa kita akan dikabulkan
  • g. selalu bersikap husnudzon kepada Allah


Nah itu tadi merupakan tata cara agar terkabulnya doa juga termasuk dengan adab-adab berdoa dan syarat-syarat agar doa kita terkabul. Semoga setelah ini kita semua bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari saat kita berdoa dan juga dapat menyebarkan kebaikan kepada orang-orang agar ilmu ini tidak hanya berhenti di kita melainkan dapat bermanfaat bagi banyak orang. Dan jangan lupa untuk memperbanyak berdoa dan bersholawat kepada Allah dan nabi Muhammad SAW sebagai bentuk ibadah kita.


Semoga Bermanfaat - Juragandoa


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel