✓ Kita Jelaskan yang Dimaksud, Doa dan Tata cara Wudhu dengan Bertayammum - Juragan Do'a -->

✓ Kita Jelaskan yang Dimaksud, Doa dan Tata cara Wudhu dengan Bertayammum

Daftar Isi [Tampil]

Mari simak kita akan jelaskan dan doa tata cara bertayamum ✓ cara wudhu tayamum  ✓ cara tayamum yang benar ✓ apa yang dimaksud dengan tayamum ✓ cara tayamum di pesawat.


Hal yang harus kita lakukan sebelum melaksanakan salat adalah berwudhu. Berwudhu merupakan kegiatan menyucikan diri dengan membasuh beberapa bagian tubuh menggunakan air.  Jika kita melakukan salat tanpa berwudhu atau memikirkan diri terlebih dahulu maka Salat kita Tentu saja tidak akan sah.


 Namun, Pernahkah kalian tidak bisa mendapatkan air karena musim kemarau atau tidak ada air yang dapat digunakan untuk berwudhu karena sumbernya mati? Atau Pernahkah kalian sedang berada di perjalanan dan sedang naik pada sebuah kendaraan lalu sudah masuk waktunya salat dan kalian ingin melaksanakan salat di atas kendaraan tersebut? Kira-kira apa yang bisa kalian lakukan untuk berwudhu ketika kalian berada dalam situasi itu? Mungkin juga pernah salah satu dari kita mengalami atau mempunyai luka yang apabila terkena air akan bersama sakit sehingga kita tidak bisa berwudhu dengan air.


 Islam tidak pernah mempersulit hamba-nya dengan aturan-aturannya. Islam selalu memiliki jalan yang mudah apabila kita ingin mengenali dan mengetahui Beberapa syarat yang menyebabkan kita mendapatkan sebuah keringanan. Begitupun juga dengan berwudhu ketika kita tidak bisa melaksanakan wudhu dengan air dikarenakan syarat-syarat yang harus dipenuhi dapat membuat kita melakukan tayamum. Lalu apa sih tayamum itu?

 

Definisi Tayamum sendiri merupakan kegiatan menyucikan diri baik dari hadas besar maupun hadas kecil dengan tidak menggunakan air melainkan dengan pasir ataupun Debu. Saya mau biasanya dilakukan untuk menggantikan mandi wajib atau wudhu. 


Setelah mengetahui definisi tayamum tersebut tentu saja bukan berarti kita dapat selalu pengganti wudhu kita dengan tayamum sesuai yang kita mau hanya karena kita malas untuk membasahi diri kita dengan air melainkan ada sebab-sebab tertentu yang menyebabkan kita diperbolehkan untuk bertayamum.


Sebab sebab kita dibolehkan Tayamum adalah

1. Jika air yang ada terbatas dan hanya cukup untuk minum atau untuk digunakan dalam keadaan mendesak

2.  Cuaca sangat dingin hingga dihawatirkan atau diketahui jika terkena air akan berbahaya dan air tersebut tidak bisa dipanaskan

3. Jika tidak dapat menemukan air atau air yang ada tidak cukup untuk bersuci

4. Memiliki luka dan dikhawatirkan jika terkena luka tersebut akan menjadi lebih parah

5. Apabila waktu salat sudah menyempit dan jika melakukan wudhu maka Terlewatkan waktu salatnya maka kita dapat melakukan tayamum dan tidak perlu mengulang salat lagi


Syarat Tayamum

Tadi Kita mengetahui sebab-sebab dari diperbolehkannya kita melakukan tayamum maka sekarang hendaklah kita juga mengetahui apa saja syarat-syarat dari melaksanakan tayamum itu? Syarat-syarat tayamum adalah sebagai berikut


1.  Sulit dan tidak dapat menemukan air

Apabila syarat yang terpenuhi dengan tidak dapat ditemukan nya akhir di lingkungan sekitar maka kita diperbolehkan untuk melaksanakan tayamum


2. Melakukan tayamum pada saat sudah masuk waktu salat

Apabila sudah masuk waktu salat dan kita tidak bisa menemukan air atau tidak ada air di sekitar kita maka kita diperbolehkan untuk tayamum


3. Debu yang digunakan untuk bertayamum suci

Debu yang akan digunakan tayamum haruslah Suci tidak boleh tercampur dengan najis dan tidak boleh Apabila tubuh tersebut sudah pernah digunakan untuk bertayamum. Debu tersebut juga tidak boleh tercampur oleh benda-benda yang lain


4. 1 kali melaksanakan tayamum untuk satu salat fardu,

5. Orang yang melakukan tayamum harus mengerti tata cara dari tayamum


Niat Tayamum

        Apabila kita akan melaksanakan tayamum maka kita juga harus Berniat. Seperti melakukan salat atau wudhu maka tayamum juga harus diawali dengan niat. Bagaimanakah bacaan dan niat tayamum tersebut? Berikut ini merupakan bacaan niat tayamum secara lengkap berdasarkan Arab Latin dan juga terjemahannya.


        Bacaan Niat Tayamum Arab


doa dan tata cara wudhu bertayammum

        Bacaan Niat Tayamum Latin

Nawaitut Tayammuma Listibaahatish Sholaati Fardhol Lillahi Ta’alaa


        Arti Bacaan Niat Tayamum

Aku berniat melakukan tayamum agar dapat mengerjakan shalat fardhu karena Allah Ta’ala

 

    Tata Cara Tayamum

Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa salah satu syarat dari melaksanakan tayamum adalah kita harus mengerti tata cara tayamum maka Berikut ini merupakan tata cara dari mengerjakan tayamum.


 Dalam sebuah hadits disebutkan: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi was sallam mengutusku untuk suatu keperluan, kemudian aku mengalami junub dan aku tidak menemukan air. Maka aku berguling-guling di tanah sebagaimana layaknya hewan yang berguling-guling di tanah. Kemudian aku ceritakan hal tersebut kepada Nabi shallallahu ‘alaihi was sallam. Lantas beliau mengatakan, “Sesungguhnya cukuplah engkau melakukannya seperti ini”. Seraya beliau memukulkan telapak tangannya ke permukaan bumi sekali pukulan lalu meniupnya. Kemudian beliau mengusap punggung telapak tangan (kanan) nya dengan tangan kirinya dan mengusap punggung telapak tangan (kiri) nya dengan tangan kanannya, lalu beliau mengusap wajahnya dengan kedua tangannya“. (HR. Bukhori no. 347)


Kesimpulannya tata cara untuk melaksanakan tayamum adalah:

1.  Menyiapkan debu yang bersih

2. Menemukan Kedua telapak tangan ke atas ibu dengan satu kali pukulan

3. Ucapkan Kedua telapak tangan kepada wajah sambil Membaca niat di dalam hati atau dengan suara yang lirih

4. Jasa bongkar Pak tangan tangan kanan menggunakan telapak tangan kiri dan mengusap punggung tangan kiri dengan telapak tangan kanan. Semua gerakan dilakukan hanya dengan satu kali usapan

5. Bagian tanaman yang dihisap hanya terbatas hingga pergelangan tangan tidak sampai siku seperti pada wudhu biasanya


    Sunnah-Sunnah Tayamum

Dalam tayamum juga ada hal-hal yang disunnahkan seperti Sama halnya pada kegiatan berwudhu hal-hal yang disunnahkan pada saat tayamum adalah

1. Membaca basmalah sebelum melakukan tayamum

2. Manfaat muntahan didahului dengan mengusap punggung tangan kanan baru yang sapu tangan kiri

3. Menipiskan debu pada telapak tangan sebelum diserahkan ke wajah dengan cara meniup sedikit debu dari telapak tangan


    Hal-Hal yang Membatalkan Tayamum

Adapun hal-hal yang membatalkan tayamum diantaranya yaitu semua yang membatalkan wudhu maka juga membatalkan tayamum, apabila melihat air atau mengetahui ada air Sebelum melaksanakan salat, dan menjadi murtad atau keluar dari Islam.


Berbeda jika melaksanakan tayamum karena sedang dalam perjalanan atau sedang sakit maka tayamumnya tidak bertahan meski melihat air.


 Sekolah tadi mengetahui tentang tayamum Semoga itu semua menambah pengetahuan kita.  Saya memang sudah pernah dicontohkan oleh Rasulullah SAW untuk itu yang dapat kita mengikuti petunjuknya ketika kita akan melaksanakan tayamum.


Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel