✓ Doa Untuk Orang Lain - Juragan Do'a -->

✓ Doa Untuk Orang Lain

Daftar Isi [Tampil]

Doa Untuk Orang Lain - Berdoa merupakan kegiatan meminta sesuatu kepada Allah yang memiliki sifat Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Berdoa biasanya berisi permohonan tentang sesuatu yang seseorang inginkan atau bisa jadi panjatan doa untuk orang lain. Berdoa memang tidak selalu tentang mendoakan diri sendiri saja, kita juga pasti seringkali mendoakan orang lain terutama orang-orang yang berada di dekat kita dan orang-orang yang kita sayangi. Atau dengan kata lain adalah berdoa untuk orang lain.

Hampir semua dari kita pasti sudah melakukan yang namanya berdoa untuk orang lain bukan? lalu sebenarnya apa sih Definisi orang lain  Itu. Sebenarnya ada banyak sekali definisi orang lain namun mudahnya orang lain merupakan orang selain diri kita sendiri baik itu seseorang yang tidak kita kenal sampai orang-orang terdekat kita.

Doa Untuk Orang Lain

Biasanya orang lain yang kita doakan merupakan orang-orang yang kita kenal baik atau mungkin hanya sekadar kenal serta dekat dengan kita atau bisa jadi menjadi salah satu orang yang kita sayangi.

Jangan salah Rosulullah juga selalu berdoa untuk orang lain loh. Siapa orang lainnya Rasulullah doakan? Wah ternyata orang lain ya Rasulullah doakan salah satunya adalah kita yaitu umat umatnya. Ya Rasulullah selalu mendoakan umatnya agar selalu dalam kebaikan.  berikut ini salah satu contohnya

Diriwayatkan pada suatu waktu Nabi SAW tengah berbincang santai di rumahnya dengan sayyidah ‘Aisyah ra Beliau (sayyidah ‘Aisyah) kemudian berkata: ketika aku memandang wajah Nabi SAW terasa ketenangan dalam diri, lalu aku katakan kepada beliau "Ya rasul, berdoalah kepada Allah untuknya. Kemudian Nabi pun mengangkat tanganya berdoa kepada Allah.

“Ya Allah, ampunilah ‘Aisyah, seluruh dosanya yang lalu dan yang akan datang. Dosanya yang terlihat dan yang tersembunyi,"

Mendengar doa dari Nabi s.a.w. itu, sayyidah Aisayh kemudian tersenyum lebar, dan tertawa. Karena merasa sangat senang, hingga ia menjatuhkan kepalanya di pangkuan Nabi s.a.w. Kemudian beliau mengatakan. “Senangkah kau dengan doaku tadi?”

Sayyidah ‘Aisyah menjawab:


“Bagaimana mungkin aku tidak gembira dengan doa mu Ya rasul SAW?”
Nabi SAW kemudian berkata, “Demi Allah, itulah doaku untuk umatku setiap shalat”. (HR Ibn Hibban).

Doa untuk Orang Lain

Berikut ini merupakan contoh doa-doa yang dapat kalian gunakan untuk mendoakan orang lain yang berada di sekitar kita sehingga mengeluarkan seluruh umat muslim yang ada di dunia ini

1. Doa untuk Orang Tua

Orang tua melupakan orang lain yang paling dekat dengan kita jasa mereka yang begitu besar karena ibu yang telah melahirkan merawat dan membesarkan kita serta Ayah yang telah mendidik kita dan menafkahi kita dengan keringatnya. Untuk itulah kita juga diwajibkan dan sangat dianjurkan untuk senantiasa mendoakan keduanya selepas solat yang di manapun kita berada serta Berharap yang terbaik untuk mereka berdua. Berikut ini doa untuk orang tua yang masih hidup:

Allahumma Fighfirlii Wa Liwaa Lidhayya Warham Humaa Kamaa Rabbayaa Nii Shaghiraa


Artinya: Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta berbelaskasihlah kepada mereka berdua seperti mereka berbelas kasih kepada diriku di waktu aku kecil.

Dan ada juga beberapa dari orang tua kita yang telah dipanggil lebih dahulu oleh Allah namun jangan sampai doa kita terhadap mereka terputus Karena bagaimanapun juga jasa mereka tidak akan pernah dapat digantikan dengan nyawa sekalipun Nah berikut ini adalah doa untuk orang tua yang telah meninggal dunia.

Allahummaghfir Lahu Warhamhu Wa ‘Aafihi Aa’fu ‘anhu Wa Akrim Nuzulahu Wa Wassi’ Madkhalahu, Waghsilhu Bil Maa i Wats-tsalji Walbarodi Wa Naqqihii Minal khathaa Ya Kamaa Yunaqqats-Tsawbul Abyadhu Minad Danas. Wa Abdilhu Daaran khairan Min Daarihii Wa Ahlan Khairan Min Ahlihii Wa Zawjan Khairan Min Zawjihi, Wa Adkhilhul Jannata Wa A ‘Idzhu Min ‘Adzaabil Qobri Wa Fitnatihi Wa Min ‘Adzaabin Naar.


Artinya:

Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orang tuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran.

Dan gantilah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya juga. Masukkanlah kedua orang tuaku ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.

2. Doa untuk Pasangan

Setelah kedua orangtua banyak dari kita juga yang sudah melaksanakan Salah satu ibadah yang paling panjang dalam kehidupan ini yaitu itu adalah menikah. Ketika kita sudah memiliki pasangan maka pasangan juga menjadi salah satu orang yang akan kita sebut namanya dalam doa kita. Berikut ini doa yang dapat kita baca untuk mendoakan pasangan kita.
 

doa untuk orang lain

“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertaqwa.” (QS Al Furqan ayat 74).

Adapun dua lainnya yang lebih khusus adalah sebagai berikut

Allohumma inni as-aluka hubbaka, wa hubba man yu-hibbuka, wa hubba kulli ‘amalin yushi-luni ila qurbika, wa an taj ’alaka ahab-ba ilayya mima siwaka, wa an taj’ala hubbi iyyaka qaidan ila ridhwânika, wa syawqi ilayka dzaidzan ‘an ‘ishyânika, wamnun binna-zhari ilayka ‘alayya, wanzhur bi’aynil, wuddi wal ‘athfi ilayya, walaa tashrif ‘annii wajhaka, waj’al-nii min ahlil is’aadi wal khuzhwati ‘indaka yaa Mujiibu yaa Arhamar raa-himiin.

Arti: Ya Allah, hamba memohon cinta-Mu, cinta seorang yang mencintai-Mu, dan cinta amal yang membawaku ke samping-Mu. Jadikan Engkau lebih aku cintai dari pada selain-Engkau. Jadikan cintaku pada-Mu dapat membimbingku pada ridho-Mu. Jadikanlah kerinduanku pada-Mu sehingga mencegahku dari maksiat. Anugrahkanlah padaku pandangan-Mu.Tataplah diriku dengan pandangan kasih sayang. Jangan palingkan wajah-Mu dariku. Jadikanlah aku di antara para penerima anugerah dan karunia-Mu. Wahai Dzat yang Maha Pemberi Ijabah. Ya Arhamar rahimin.

3. Doa untuk Anak

 Setelah orangtua dan pasangan orang lain yang sangat dekat dengan kita ialah anak-anak kita. Anak-anak kita adalah orang lain yang menjadi tanggung jawab dan kewajiban kita serta salah satu karunia yang sangat besar dari Allah subhanahu wa ta'ala. Kita pasti selalu menginginkan yang terbaik untuk anak-anak kita dan tidak lupa untuk mendoakan anak-anak kita agar menjadi anak yang soleh dan solehah serta menjadi anak yang pintar berbakti kepada orang tua dan berada di jalan Allah. Berikut ini salah satu doa yang dapat dipanjatkan agar anak anak kita senantiasa berada di jalan-Nya

"Allahumma barikliy fii awladiy, wa la tadhurruhum, wa waf fiqhum li tho'atik, war zuqniy birrohum."


Artinya:

"Ya Allah berilah barokah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepadaMu dan karuniakanlah hamba rejeki berupa bakti mereka."

4. Doa untuk Saudara atau Sahabat

Hidup kita juga dikelilingi saudara dan sahabat. Saudara di sini dapat bermakna luas seperti saudara seiman atau saudara seayah dan Seibu dan saudara satu garis keturunan. Serta sahabat biasanya adalah teman-teman yang berada dekat dengan kita dan seringkali menjadi penyemangat kita di kala kita sedang merasakan sedih serta membantu kita pada saat kita sedang kesusahan. Doa yang paling sederhana yang dapat kita panjatkan untuk saudara dan sahabat kita namun sangat bermakna ialah sebuah Ucapan salam. Seperti yang kita ketahui bahwa salam merupakan salah satu dua dan memiliki arti yang sangat baik dan sebuah harapan atau kegiatan untuk orang lain maka salam dapat menjadi salah satu doa yang bisa kita panjatkan untuk setiap saudara dan sahabat kita.

5. Doa untuk Seluruh Umat Muslim di Dunia

Sebagai seorang umat muslim maka seluruh umat muslim di dunia ini merupakan saudara kita. Kita juga dianjurkan mendoakan sesama muslim dan juga tidak lupa untuk mendoakan kebaikan terhadap seluruh umat muslim yang ada di dunia ini. Untuk seluruh muslim di dunia ini tercantum dalam Alquran yang berbunyi sebagai berikut

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَ وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ


“Rabbanagfir lanā wa li`ikhwāninallażina sabaqunā bil-imāni wa lā taj’al fi qulubinā gillal lillażina āmanu rabbanā innaka ra`ufur rahim.”


“Ya Tuhan kami, berilah ampunan kepada kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Hasyr ayat 10).

Semoga doa  baik kita sampai dan  dikabulkan oleh Allah serta semoga doa-doa yang kita panjatkan juga dapat menjadi salah satu ibadah bagi kita. Hendaklah kita senantiasa mendoakan orang-orang yang kita sayangi dan orang-orang yang berada di dekat kita agar mereka juga selalu sehat dan terhindar dari segala marabahaya. Semoga doa-doa di atas tadi juga bermanfaat dan menjadi referensi peserta pemicu semangat agar kita senantiasa mendoakan orang-orang yang ada di sekitar kita.

Semoga bermanfaat


Salam - Juragan Doa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel