✓ Doa Sapu jagat - Juragan Do'a -->

✓ Doa Sapu jagat

Daftar Isi [Tampil]

Baiklah pada postingan kali ini kita akan membahas doa sapu jagat atau ada juga yang menulis sapu jagad, awal bacaanya pasti anda juga banyak yang sudah tahu yaitu "rabbana atina fiddunya hasananah" dst.. ada juga yang menulisnya spt ini; "rabbana atina fid dunya hasanah" dst..

mungkin ada yang bertanya "bahasa arab sapu" apa sih? hahah sebenarnya tidak ada artinya, cuma bahasa "sapu" dalam artian "kita meminta secara keseluruhan atau umum, untuk kebaikan di Dunia maupun di Akhirat kelak"
 
Ada sebagian orang yang mencari bahwa doa sapu jagat ini bisa sebagai "doa memikat hati pria melalui nama" atau bisa menjadi sebagai "doa agar pria tergila-gila pada kita" atau juga sebagai "doa memikat hati pria    ", apakah ini benar? oh mungkin saja, tapi saya pribadi kali ini tidak membahas untuk hal ini.

Dibawah ini kita akan sampaikan "doa sapu jagad dan artinya lebih jelas lagi pembahasannya" silahkan simak dengan seksama! semoga bermanfaat;




Doa Sapu jagat

Islam sangat menganjurkan kita untuk berdoa pada setiap kesempatan. Bahkan mulai dari kita ingin tidur hingga kita bangun tidur dan melaksanakan semua kegiatan sudah tersedia doa-doa yang dianjurkan. Ini juga merupakan salah satu keutamaan islam dimana di setiap kesempatan kita harus selalu membawa Allah agar apa yang kita lakukan diridhoi oleh-Nya. Tentu saja itu berlaku untuk setiap perbuatan baik dengan niat yang baik.

Rasulullah pun menerapkan doa-doa pada setiap kesempatan dan langkah baiknya. Salah satu doa yang sangat Rasulullah cintai ialah doa sapu jagat. Di Dalam Doa Sapu Jagad terkandung banyak sekali  permohonan seperti di tentang kesehatan, rezeki, keberuntungan keamanan dan semua hal-hal baik.

Tentu saja kita sebagai umatnya juga dianjurkan untuk banyak banyak membaca doa sapu jagat ini. Doa Sapu Jagad dapat kita baca kapanpun dan dimanapun. Seperti setelah kita salat, Saat tengah di perjalanan, atau saat kita sedang ada waktu luang dan menghabiskannya untuk membaca sholawat dan berdoa kepada Allah.

Lalu bagaimana sih bacaan dari Doa Sapu Jagad ini? Berikut ini lafal dari bacaan doa sapu jagat.

Bacaan Doa Sapu Jagat

Bacaan Doa Sapu Jagat Pendek

Bacaan Doa Sapu Jagat Arab

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Bacaan Doa Sapu Jagat Latin
“Rabbana atina fid-dun-ya ḥasanataw wa fil-akhirati ḥasanataw wa qina ‘ażaban-nar”

Arti Bacaan Doa Sapu Jagat
“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan selamatkanlah kami dari siksa api neraka”

Bacaan Doa Sapu Jagat Panjang

Bacaan Doa Sapu Jagat Arab

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Bacaan Doa Sapu Jagat Latin
“Allaahumma Innaa Nas Aluka Salaamatan Fid Diin, Wa ‘Aafiyatan Fil Jasad, Wa Ziyadatan Fil ‘Ilmi, Wabaròkatan Dir Rizqi, Wa Taubatan Qòblal Maut, Waròhmatan Indal Maut, Wa Maghfiròtan Ba’dal Maut.”

“Allaahumma Hawwin ‘Alainaa Fii Sakaròòtil Maut, Wan Najaata Minan Naar, Wal ‘Afwa Indal Hisaab.”

Arti Bacaan Doa Sapu Jagat
“Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut.”

“Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab.”

Dengan membaca doa ini kita telah meminta keselamatan dalam beragama Islam juga limpahan ilmu dan keberkahan Rizki serta supaya kita mendapatkan Taubat kita sebelum datangnya mau Dan tidaklah rahmat Allah terputus pada saat itu.

Waktu Terbaik Membaca Doa Sapu Jagat

Walaupun diperbolehkan untuk dibaca kapanpun, layaknya ada waktu baik ketika kita ingin memohon doa kepada Allah maka Sapu Jagat juga memiliki waktu terbaik untuk dibaca. titikberikut ini penjelasannya

1. Selesai Sholat Wajib

Seperti halnya Rasulullah SAW yang tidak pernah melewatkan membaca doa ini pada saat selesai salat wajib maka hendaklah kita juga mengamalkan bawah ini setelah kita menyelesaikan salat lima waktu kita maupun salat sunah kita. Sebab Di Dalam Doa Sapu Jagad ini terkandung banyak kebaikan dan juga permohonan baik untuk diri kita. Dan membaca doa setelah salat juga merupakan salah satu penyebab doa tersebut cepat diijabah.

2. Sepertiga Malam Terakhir

Pada waktu sepertiga Malam Terakhir juga menjadi salah satu waktu yang mujarab untuk mengirimkan doa. Selain itu juga ibadah pada waktu sepertiga malam mendatangkan kekhusyuan yang berbeda dan membuat kita merasa semakin dekat dengan Allah SWT.

3. Sebelum Salam dalam Sholat

Dalam sebuah hadis pernah dikatakan bahwa Rasulullah SAW melihat seorang anak laki-laki yang membaca doa Sapu Jagad sebelum salamnya kemudian Rasulullah SAW bersabda bahwa anak laki-laki tersebut telah diampuni Allah sebanyak 3 kali karena bersedia membaca doa sapu jagad.

Keutamaan Doa Sapu Jagat

Doa yang memiliki banyak permohonan baik ini tentu saja juga memiliki banyak keutamaan diantara keutamaan keutamaan dari bacaan doa Sapu Jagad ialah

1. Memohon Kebaikan Selama di Dunia

Tertera jelas Dalam Doa Sapu Jagad bahwa pada bacaan doa Sapu Jagad terdapat permohonan agar kita mendapatkan kebaikan selama di dunia.

2. Memohon Kebaikan di Akhirat

Selain ada permohonan untuk kebaikan selama di dunia Dalam Doa Sapu Jagad juga terdapat permohonan agar kita mendapatkan kebaikan di akhirat. Atau dalam kata lain dalam doa ini sudah lengkap bahwa kita meminta keselamatan di dunia dan di akhirat bagi kita.

3. Meminta Perlindungan dari Api Neraka

Selain memperoleh keselamatan di dunia dan di akhirat membaca doa sapu jagat ini juga membuat kita terhindar dari api neraka karena dalam doa ini juga disebutkan bahwa kita memohon perlindungan terhadap diri kita dari api neraka. Tentu saja kita tahu bahwa kita semua tidak ingin masuk dalam neraka dan tidak merasakan betapa panasnya api neraka yang dapat membakar seluruh tubuh kita dan melahapnya habis-habis, Bukankah tidak terbayangkan Betapa menyiksanya panas dari api neraka itu?
Ada baiknya Doa Sapu Jagad telah di pelajari atau diajarkan sejak kecil agar selalu terbiasa dan dapat menjadi kebiasaan baik yang terbentuk. Ya Semoga kita semua dapat mengambil hikmah dari baiknya Doa Sapu Jagad ini dan mengamalkannya dengan benar. Jangan lupa juga untuk membagikannya dan menyebarkan kebaikan kepada orang-orang terdekat agar kita sama-sama terhindar dari api neraka.

Demikian sharing kita pada kesempatan ini mengenai: Doa Sapu Jagat, semoga bermanfaat.


Salam - Juragan Doa




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel