✓ Shalat Sunnah - Juragan Do'a -->

✓ Shalat Sunnah

Daftar Isi [Tampil]

Shalat Sunnah - Sebagai seorang umat muslim tentu kita harus mempercayai dan meyakini 99 dari Asmaul Husna atau nama-nama Allah, salah satu diantaranya adalah Allah yang Maha memberi. Allah merupakan satu-satunya sesembahan kita yang memberikan kita rezeki dan pahala serta yang menjaga seluruh alam semesta ini. Oleh karena itu, kewajiban kita sebagai seorang muslim adalah untuk beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala ibadah juga membuktikan kecintaan kita dan rasa terima kasih kita kepada Allah swt.

Artinya:

“Dan dirikanlah shalat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada sebagian permulaan malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.” [Huud/11: 114]

Shalat Sunnah

Sebagai hamba-nya kita juga senantiasa ingin mendekatkan diri kepada-nya, salah satunya adalah banyak melakukan amalan-amalan baik seperti melakukan salat sunah.

Salat sunah merupakan salah satu ibadah yang dimulai dengan Takbiratul Ihram dan diakhiri dengan salam, melakukannya maka kita akan mendapatkan pahala dan jika tidak melakukannya kita tidak berdosa.

Banyak sekali keutamaan dan manfaat yang kita dapat dari melaksanakan salat sunah serta membiasakan diri untuk melakukan salat sunah juga merupakan hal yang baik untuk mengisi waktu luang dan meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah.

Beberapa manfaat dari rutin melaksanakan salat sunah ialah semakin dekat dengan Allah, terjaga dari kemusyrikan, menghapuskan dosa-dosa, membawa kita semakin dekat dengan surga.

Menurut hukum nya sendiri salat Sunnah dibagi kedalam dua jenis yaitu salat sunnah muakkad dan salat sunah ghoiru muakad.

Hukum Shalat Sunnah


1. Shalat Sunnah Muakad: pengertian dari salat Sunnah Muakkad adalah salat sunah yang dikuatkan hukumnya atau Rasulullah SAW sendiri jarang meninggalkannya.

Macam-macam salat Sunnah Muakkad ini adalah


- Shalat rawatib atau salat yang mengiringi salat lima waktu (sholat fardhu)

Shalat rawatib pun ada dua yang dilaksanakan sebelum salat fardu disebut qobliyah sedangkan yang dilaksanakan setelah salat fardu disebut ba'diyah.  salat rawatib terdiri dari dua rakaat sebelum subuh, dua rakaat sebelum zuhur, dua rakaat setelah zhuhur, dua rakaat setelah maghrib dan 2 rakaat setelah isya.

- Sholat Witir
- Sholat Tahajud
- Sholat Tarawih
- Sholat sunnah Idain/sholat sunnah pada hari raya idul fitri dan idul adha
- Sholat Tahiyatul masjid

2. Shalat Sunnah Ghoiru Muakad: salat sunah ghoiru Muakkad yaitu salat sunnah yang tidak dikuatkan atau Rasulullah terkadang mengerjakannya dan terkadang tidak mengerjakannya.
 yang termasuk salat sunah gairu muakad adalah:

- Sholat sunnah rawatib
 Beberapa sholat rawatib yang termasuk ghoiru muakad adalah: 4 rakaat sebelum dzhuhur dan dan sesudah dzhuhur, serta 4 rakaat sebelum ashar

- Sholat dhuha


Pembagian Shalat Sunnah

1. Shalat Sunnah yang Berhubungan dengan Waktu:  salat sunah yang berhubungan dengan waktu merupakan salat sunnah yang waktu pengerjaannya terikat seperti sholat dhuha, sholat rawatib ,sholat tahajud ,sholat idul fitri, sholat tarawih dan sholat idul adha.

2. Shalat Sunnah yang Berhubungan dengan Sebab: yang sangat senang berhubungan dengan sebab terbagi menjadi tiga yaitu:
- Sholat sunnah mutaqdim yaitu sholat sunnah karena sebab yang mendahului, yang termasuk sholat sunnah ini adalah sholat sunnah tahiyatul masjid dan sholat wudhu.

- Sholat sunnah muqarin yaitu sholat sunnah yang sebabnya membarengi seperti sholat gerhana dan sholat sunnah istisqa.

- Sholat sunnah muta'akhir yaitu sholat sunnah yang sebabnya muncul diakhir atau belakangan. Yaiyu sholat istikharah dan sholat taubat.

3. Shalat Sunnah yang Dikerjakan Tanpa Adanya Sebab dan Ketepatan Waktu disebut juga dengan salat mutlak solat mutlak boleh dikerjakan kapanpun kecuali pada saat setelah Subuh sampai matahari terbit,  ketika matahari berada pada posisi tepat di atas kepala sampai condong ke barat, dan  ketika matahari sudah menguning setelah waktu Ashar hingga terbenamnya matahari.

Shalat Sunah yang Manfaatnya Luar Biasa

1. Shalat Dhuha adalah salat yang terdiri dari dua rakaat dan dilaksanakan pada waktu terbitnya matahari hingga mendekati waktu dzuhur atau mendekati waktu saat posisi matahari berada di atas kepala tepat.

2. Shalat Rawatib adalah salat sunah yang dikerjakan untuk mengiringi salat fardu atau salat lima waktu

3. Shalat Tahajud adalah salat yang terdiri atas dua rakaat dan dikerjakan pada waktu sepertiga malam

4. Shalat Istikharah adalah  salat sunah yang dikerjakan untuk meminta petunjuk kepada Allah ketika sedang menghadapi keraguan atas sebuah pilihan dan berharap dapat diberi keputusan yang tepat melalui petunjuk allah

5. Shalat Hajat dilakukan antara 2 sampai 12 rakaat shalat hajat adalah salat sunah Ketika seseorang menginginkan sesuatu dan dilakukan antara 2 sampai 12 rakaat shalat hajat adalah salat sunah Ketika seseorang menginginkan sesuatu dan  melakukan salat untuk memintanya kepada Allah

6. Shalat Witir  adalah salat sunah yang dilakukan antara telah waktu isya sampai sebelum waktu subuh atau biasa disebut dengan salat penutup

7. Shalat Taubat adalah salat Sunnah untuk meminta pengampunan atas dosa-dosa dari Allah dan menyempurnakan taubat

8. Shalat Wudhu merupakan salat sunah dua rakaat yang hendaknya kita lakukan setelah melakukan wudhu

9. Shalat Tahiyatul Masjid yaitu salat sunah dua rakaat ketika kita baru memasuki masjid

10. Shalat Tasbih  merupakan salat sunah di mana saat mengerjakan nya di dalam sel tersebut kita membaca sebanyak 300 tasbih

Banyak sekali macam-macam salat sunnah yang dapat kita kerjakan semoga kita semua senantiasa dilindungi oleh Allah dan semakin bersemangat untuk melaksanakan salat sunnah guna mendekatkan diri kepada Allah dan meningkatkan ketakwaan kita. Aamiin
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel