✓ Doa Iftitah - Juragan Do'a -->

✓ Doa Iftitah

Daftar Isi [Tampil]
Doa Iftitah - Salat lima waktu merupakan tiang agama. Salat juga merupakan ibadah yang akan pertama kali dihisab di akhirat nanti Selain itu salat merupakan ibadah wajib yang harus kita lakukan dan salat juga terdapat dalam rukun Islam yang kedua. 

Salah satu sunnah yang terdapat dalam salat adalah membaca doa iftitah. Doa iftitah dibaca setelah kita melakukan Takbiratul Ihram.  meskipun doa iftitah termasuk ke dalam sunnah namun sangat disarankan Dan dianjurkan untuk selalu membacanya ketika kita melaksanakan salat.

bacaan doa iftitah arab pendek

Membaca doa iftitah bukanlah pekerjaan yang berat dan tidak akan memakan waktu yang lama sehingga hendaklah kita senantiasa membaca doa iftitah dalam salat kita dan mengajarkan doa iftitah sejak dini kepada anak-anak kita agar kebiasaan membaca doa iftitah sudah tertanam sejak kecil.

Hukum Doa Iftitah

Seperti yang tadi sudah dikatakan bahwa hukum dari membaca doa iftitah adalah Sunnah menurut jumhur ulama game bukan merupakan salah satu syarat sah salat. Namun tentu saja rasanya salat akan terasa kurang lengkap ketika kita tidak membaca doa iftitah. Sebab doa iftitah juga memiliki keutamaan yang luar biasa

Awal Mula Bacaan Doa Iftitah

Plano sebenarnya Bagaimanakah awal mula dari bacaan doa iftitah yang memiliki keutamaan yang luar biasa itu dalam sebuah riwayat dikatakan Dari Ibnu Umar ra beliau berkata, "Suatu ketika, kami salat bersama Nabi Muhammad saw, tiba-tiba ada seorang jemaah yang bersuara dan melafalkan kalimat 'Allahu akbar, kabiraa walhamdulillaahi katsiiraa, wa subhaanallaahi bukratan wa’ashiilaa'"
mendengar kalimat tersebut Rasulullah saw pun bertanya, “Siapa yang mengatakan kalimat tadi?”
Orang yang tadi bersuara  itu pun menjawab “Saya Ya Rasul!”

Setelah mendengar jawaban dari orang tadi  Rasulullah saw berkata, “Saya heran dengan kalimat itu, karena kalimat itu mampu membuka pintu-pintu langit,"

Lantas Ibnu Umar ra mengatakan bahwa semenjak mendengar apa yang dikatakan oleh  Rasulullah saw tentang betapa dahsyatnya kekuatan dari Doa Iftitah itu, aku tidak pernah meninggalkan bacaan kalimat tersebut.

Bacaan Doa Iftitah

Setelah kita mengetahui awal mula dari bacaan doa iftitah maka berikut ini akan kami jabarkan bacaan dari dua iftitah tersebut

1. Bacaan Doa Iftitah

Bacaan Doa Iftitah Arab:

 اللهُ اَكْبَرُ كَبِرًا وَالْحَمْدُ لِلهِ كَشِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلًا . اِنِّى وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَالْااَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا اَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ . اِنَّ صَلَاتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ . لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَ لِكَ اُمِرْتُ وَاَنَ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Bacaan Doa Iftitah Latin:

Allaahu akbaru Kabiraa Walhamdulillaahi Katsiiraa, Wa Subhaanallaahi Bukratan Wa’ashiilaa, Innii Wajjahtu Wajhiya Lilladzii Fatharas Samaawaati Wal Ardha Haniifan Musliman Wamaa Anaa Minal Musyrikiin. Inna Shalaatii Wa Nusukii Wa Mahyaaya Wa Mamaatii Lillaahi Rabbil ‘Aalamiina. Laa Syariikalahu Wa Bidzaalika Umirtu Wa Ana Minal Muslimiin.

Arti Bacaan Doa Iftitah

Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak. Maha Suci Allah pada waktu pagi dan petang.

Sesungguhnya aku hadapkan wajahku kepada Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan atau dalam keadaan tunduk, dan aku bukanlah dari golongan orang-orang yang menyekutukan-Nya.

Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah Tuhan Semesta Alam, yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Dengan yang demikian itulah aku diperintahkan. Dan aku adalah termasuk orang-orang muslim (Orang-orang yang berserah diri).”


2. Bacaan Doa Iftitah Allahumma Baid

Bacaan Doa Iftitah Allahumma Baid Arab

اَللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِى وَبَيْنَ خَطَايَاىَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ . اللَّهُمَّ نَقِّنِى مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ . اللَّهُمَّ اغْسِلْ خَطَايَاىَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ

Bacaan Doa Iftitah Allahumma Baid Latin

Allaahumma Baa’id Bainii Wa Baina Khathaayaaya Kamaa Baa’adta bainal Masyriqi Wal Maghrib. Allaahumma Naqqinii Minal Khathaayaa Kamaa Yunaqqats Tsaubul Abyadlu Minad Danas. Allaahummaghsil Khathaayaaya Bil maa-i Wats Tsalji Wal Barad”

Arti Bacaan Doa Iftitah Allahumma Baid

Ya Allah, jauhkanlah aku dari kesalahan dan dosa-dosaku sebagaimana engkau jauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dari kesalahan dan dosa-dosaku sebagaimana bersihnya pakaian putih dari kotoran. Ya Allah cucilah aku dari dosa-dosaku dengan air, salju dan embun

3. Bacaan Doa Iftitah Rabba Jibril

Bacaan Doa Iftitah Rabba Jibril Arab

اللَّهُمَّ رَبَّ جِبْرِيلَ وَمِيكَائِيلَ وَإِسْرَافِيلَ فَاطِرَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ أَنْتَ تَحْكُمُ بَيْنَ عِبَادِكَ فِيمَا كَانُوا فِيهِ يَخْتَلِفُونَ، اهْدِنِي لِمَا اخْتُلِفَ فِيهِ مِنَ الْحَقِّ بِإِذْنِكَ إِنَّكَ أَنْتَ تَهْدِي مَنْ تَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

Bacaan Doa Iftitah Rabba Jibril Latin

Allahumma Rabba Jibriilaa Wa Miikaaiila, Wa Israafiila Faa Thirassama Waati Wal Ardhi, ‘Aalimalghoibi Wasyahaadati Anta Tahkumu Baina ‘Ibaadika Fiimaa Kaanuu Fiihi Yakhtalifuuna. Ihdinii Limaakh Tulifa Fiihi Minal Haqqi Bi Idznika Innaka Tahdii Mantasyaa‘u Ilashiraathimmustaqiim          

Arti Bacaan Doa Iftitah Rabba Jibril

Ya Allah, Tuhannya Jibril, Mikail, dan Israfil. Sebagai Pencipta langit dan bumi. Yang Maha Mengetahui yaitu Mengetahui yang gaib dan yang nampak.

Ya Allah, yang memutuskan diantara hamba-Mu terhadap apa yang mereka pertengkarkan. Berilahlah petunjuk kepada kami untuk menggapai kebenaran yang diperselisihan dengan izin-Mu.

Sesungguhnya Engkau Maha Memberi petunjuk kepada siapa saja yang Engkau kehendaki menuju jalan yang lurus.


4. Bacaan Doa Iftitah Tahajud

Bacaan Doa Iftitah Tahajud Arab

اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ،
اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ

Bacaan Doa Iftitah Tahajud Latin

Allahumma Lakal Hamdu Anta Nuurus Samaa Waa Ti Wal Ardhi Wa Man Fiihini, Walakalhamdu Anta Khaiyimus Samaa Waa Ti Wal Ardhi Wa Man Fiihini, Walakal Hamdu Anta Rabbussamaa Wa Ti Wal Ardhi Wa Man Fiinhi, Antal Hakka, Wawa’dukal Hakka, Wa Khaulukal Hakka, Walikhaa’ukal Hakka, Wal Jannati Hakka, Wannaru Hakka Wassa’attu Hakka”

“Allahumma Laka Aslamtu, Wabika Amantu, Wa’alaika Tawakaltu, Wailaika Anabtu, Wabika Khaatsamtu, Wailaika Khakamtu. Faagfirli Lii Maa Khadamtu Wamaa Akhartu, Wamaa Asrartu Wamaa Aghlanthu, Antalmukhadmu Wa Antal Muuharu, Anta Ilaahii Laa illaa Anta


Arti Bacaan Doa Iftitah Tahajud

Ya Allah, hanya kepada-Mu segala puji, Engkaulah cahaya langit dan bumi serta sapa saja yang ada di sana. Hanya kepada-Mu segala puji, Engkaulah yang mengatur langit dan bumi serta apa saja yang ada di sana.

Hanya kepada-Mu segala puji, Engkaulah pencipta langit dan bumi serta apa saja yang ada di sana. Engkaulah yang Maha benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, pertemuan dengan-Mu benar. Surga itu benar, neraka itu benar, dan kiamat itu benar.

Ya Allah, hanya kepada-Mu aku berserah diri, hanya kepada-Mu aku beriman, hanya kepada-Mu aku bertawakkal, hanya kepada-Mu aku bertaubat, hanya dengan petunjuk-Mu aku berdebat, hanya kepada-Mu aku memohon keputusan.


Karena itu, ampunilah aku atas kesalahan dan dosa-dosaku yang telah lewat dan yang akan datang, yang kulakukan sembunyi-sembunyi maupun yang kulakukan terang-terangan.

Engkaulah yang paling awal dan yang paling akhir. Engkaulah Tuhanku. Tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau

5. Bacaan Doa Iftitah Pendek

Bacaan Doa Iftitah Pendek Arab

الْحَمْدُ لِلَّهِ حَمْدًا كَثِيرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيهِ

Bacaan Doa Iftitah Pendek Latin

Alhamdulillaahi Hamdan Katsiiron Thayyiban mubaarakan fiihi

Arti Bacaan Doa Iftitah Pendek

Segala puji untuk Allah dengan pujian yang banyak, baik dan penuh berkah.

Adab Membaca Doa Iftitah

Setelah mengetahui berbagai macam bacaan dari doa iftitah maka kita juga hendaklah mengetahui dan mengamalkan adab-adab dari membaca doa iftitah sebagai berikut;

  1. Doa iftitah dalam sunnahnya hendaklah dibaca digabung dengan Takbiratul Ihram dan apabila kamu menguasai beberapa dari macam doa Iftitah maka kamu bisa menggabungkan bacaan doa iftitah nya.
  2. Doa iftitah tidak dibaca secara keras atau dibaca secara lirik baik saat kamu menjadi imam maupun saat kamu menjadi makmum.
  3. Ketika kamu menjadi makmum maka disarankan untuk memilih doa iftitah yang pendek hal ini mengantisipasi agar kamu tidak ketinggalan saat pembacaan doa Alfatihah.
  4. Tidak perlu membaca doa iftitah ketika kamu menjadi makmum masbuk Sejak rokaat pertama.
  5. tidak perlu membaca doa iftitah saat sedang melaksanakan salat jenazah.
  6. Jika kamu lupa untuk membaca doa iftitah pada rakaat pertama maka kamu dapat membaca pada rakaat kedua namun jika kamu lupa untuk membaca doa iftitah sepanjang salat maka tidak perlu diganti dengan sujud Sahwi karena doa iftitah merubuhkan merupakan syarat wajib dari salat.

Keutamaan Bacaan Doa Iftitah

Doa iftitah memiliki banyak sekali keutamaan dan diantara keutamaan keutamaan tersebut adalah;
  1.  Bentuk Pujian Bagi Allah

    Doa iftitah merupakan bentuk pujian bagi Allah dengan membaca doa iftitah maka itu berarti kita juga sedang mengirimkan ujian bagi Allah Tuhan semesta alam yang menguasai seluruh isinya
  2. Permohonan Ampunan.

    Selain sebagai bentuk dari pujian untuk Allah SWT maka doa iftitah juga merupakan kan permohonan ampunan atau permintaan maaf dari kita kepada allah swt hp segala dosa-dosa yang kita perbuat dan diharapkan agar allah kan memaafkan serta mengampuni dosa-dosa kita yang telah kita lakukan.
  3. Wujud Penghambaan Diri.

    Pada kata inni wajahtu wajhia yang berarti sesungguhnya aku menghadapkan wajah ku  hal ini juga dimaksudkan sebagai simbol bahwa kita menyerahkan diri kita hanya kepada Allah SWT atau ini juga disebut sebagai wujud dari penghambaan diri.
  4. Diangkatnya Doa oleh Malaikat.

    Dalam satu salah satu hadis diriwayatkan bahwa pada suatu waktu Rasulullah SAW melihat seorang anak laki-laki yang membaca doa iftitah dan beliau melihat para malaikat beramai-ramai mengangkat doa a dari anak laki-laki tersebut kepada Allah swt.
  5. Dibukanya Pintu Langit.

    Seperti yang tadi sudah dijelaskan pada awal mula doa iftitah bahwa salah satu keutamaan yang paling istimewa dari doa iftitah ini adalah dibukanya pintu langit karena membaca doa iftitah maka Sejak saat itu rasulullah tidak meninggalkan doa iftitah dan Iftitah menjadi sunnah dalam salat.
  6. Mendapatkan Pahala Amalan Sunnah.

    Karena doa iftitah merupakan amalan sunnah yang apabila tidak dikerjakan maka kita tidak mendapat dosa maka ketika kita mengerjakan doa iftitah kita akan mendapatkan pahala.
Semoga informasi tentang bacaan dari doa iftitah ini dapat menambah wawasan kita bersama dan kita dapat memperbanyak hafalan kita tentang macam-macam doa iftitah dan semoga kita juga senantiasa mengamalkan doa iftitah dan dapat mengambil kebaikan darinya.

Wassalamualaikum.
Salam - Juragan doa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel