✓ Doa Bercermin - Juragan Do'a -->

✓ Doa Bercermin

Daftar Isi [Tampil]

  Doa bercermin - Bercermin atau berkaca merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh semua orang. Bahkan dalam sehari pasti kita melakukan hal yang namanya bercermin. Seperti Sudah menjadi kebiasaan ketika kita melewati kaca pun tanpa sadar kita akan menoleh dan bercermin. Biasanya seseorang bercermin untuk melihat tampilan wajah atau dirinya. Seseorang akan bertanya kepada dirinya sendiri lewat cermin Apakah ia sudah tampil cantik? Ataukah masih ada yang kurang dari dirinya? Hal tersebutlah yang biasanya menjadi kepala seseorang ketika sedang bercermin.

 Ya benar hal yang dilakukan seseorang ketika bercermin adalah melihat tampilan dirinya lalu kemudian menilai Apakah tampilan dirinya tersebut sudah cukup cantik atau baik ataupun belum. Namun terkadang seseorang yang sangat tercermin bukan hanya ingin memeriksa tampilannya melainkan kemudian merasa selalu kurang dan tidak percaya diri pada tampilannya sendiri. Ada banyak orang yang ketika bercermin akan merasa bahwa apa yang ia kenakan atau apa yang ada pada dirinya tidaklah menarik kemudian merasa iri terhadap orang lain yang ia lihat lebih baik dari dirinya.


 Terkadang perasaan seperti itu muncul pada Kebanyakan orang dikarenakan kita kurang bersyukur atas apa yang telah Allah berikan kepada kita. Padahal Allah telah menciptakan kita dalam bentuk yang paling sempurna hal tersebut terdapat dalam arti dari surat al-isra ayat 70 yang artinya: dan sungguh kami telah memuliakan anak cucu Adam dan kami angkut mereka di daratan dan lautan dan kami telah memberikan rezeki yang baik kepada mereka dan kami telah lebih kan mereka dari antara makhluk-makhluk yang telah kami ciptakan dengan kelebihan yang sempurna.

 Kebanyakan orang yang yang merasa dirinya dan apa yang ada pada dirinya selalu kurang dari orang lain terkadang lupa memperhatikan bahwa tampilan luar bukan segalanya tetapi seseorang juga akan menilai akhlak yang ada pada manusia.

  Untuk itu hendaklah ketika kita sedang bercermin kita dianjurkan untuk membaca Doa Bercermin Selain sebagai tanda bahwa kita bersyukur atas apa yang telah Allah berikan dan meminta tampilan Terbaik versi kita juga meminta agar Allah memberikan akhlak yang baik seperti baiknya rupa yang telah Allah ciptakan. Bagaimanakah bacaan dari doa ketika bercermin tersebut bacaan doa untuk bercermin dalam bentuk Arab latin dan arti dari doa bercermin adalah sebagai berikut:

Bacaan Doa Bercermin Lengkap Arab :

اللَّهُمَّ حَسَّنْتَ خَلْقِي فَحَسِّنْ خُلُقِي وَحَرِّمْ وَجْهِي عَلَى النَّارِ

Bacaan Doa Bercermin Lengkap Latin :

“Allohumma kamaa hassanta kholqii fahassan khuluqii wa harrim wajhii allannaari”.

Arti Bacaan Doa Bercermin Lengkap: 

“Ya allah, sebagaimana Engkau telah menciptakanku dengan baik, maka baguskanlah pula akhlakku, dan haramkanlah wajahku atas neraka.” (HR.Bazzar).

Makna Doa Bercermin

Setelah kita mengetahui doa bercermin tersebut hendaklah kita mengamalkannya Namun ternyata doa yang kita kira hal sepele tersebut terdapat sebuah makna dari doa bercermin di atas. Makna apa kira-kira yang terkandung dalam doa bercermin yang telah kita baca? Akan dijelaskan di bawah ini

1. Pada Bacaan “Allahumma kamaa has anta khalqi…” yang berarti Bagaimana engkau telah menciptakanku dengan baik mengandung makna bahwa lafaz ini membantu dan membuat kita bersyukur atas apa yang telah Allah berikan. dengan membaca lafaz ini itu artinya Kita pernah bersyukur atas apa yang telah Allah berikan kepada diri kita dan karena Allah menciptakan kita dengan baik. Dan dan Makasih ini membantu kita untuk senantiasa bersyukur atas apa yang ada pada diri kita

2. Pada bacaan ”…Fa’ahsin khuluqii…” yang memiliki arti maka baguskanlah pula akhlak ku memiliki makna bahwa kita meminta kepada Allah agar Allah juga memberikan akhlak yang baik kepada kita karena seperti yang kita ketahui bahwa cantik itu tidak semata-mata hanya tampilan luar atau wajahnya saja melainkan juga meliputi akhlak yang ada pada diri kita.

3. Pada Bacaan ”….Waharrim wajhii ‘alan naari…” yang berarti haramkanlah wajahmu atas neraka tentu saja memiliki makna bahwa kita berharap dan berdoa agar Allah menjauhkan dan menghindarkan wajah serta seluruh tubuh kita dari panasnya api neraka dan semoga Allah menjaga segala perbuatan kita agar kita tidak terjerumus kepada hal-hal yang tidak baik. Ini jelas bahwa kita juga harus menjaga wajah kita agar tidak ternodai oleh hal-hal yang menjerumuskan kita kepada dosa.

 Dengan ini semoga kita semua senantiasa bersyukur atas apa yang sudah ada pada diri kita dan tidak lupa untuk selalu membaca doa bercermin ketika kita Tengah bercermin atau berkaca dan memeriksa penampilan kita juga hendaklah senantiasa memperbaiki akhlak yang ada pada diri kita. Semoga bermanfaat.

Wasalamualaikum. - Juragan Doa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel