Bacaan, Keutamaan dan Fadhilah Surat Al Fatihah - Juragan Do'a -->

Bacaan, Keutamaan dan Fadhilah Surat Al Fatihah

Daftar Isi [Tampil]
bacaan-keutamaan-dan-fadhilah-surat-al-fatihah

Bacaan, Keutamaan dan Fadhilah Surat Al Fatihah - Umat muslim memiliki  3 sumber sebagai pegangan dalam hidupnya, yakni Al-qur'an, hadits dan ijtima'. Alqur'an merupakan kitab suci yang diturunkan langsung dari Allah swt kepada Nabi muhammad saw. Secara berangsur-angsur untuk pedoman umat muslim.

Alqur'an terdiri atas 30 juz dan 114 surat. Surat yang pertama kali diturunkan secara lengkap diantara surat-surat dalam al-qur'an adalah surat Al fatihah. Surah al fatihah disebut juga ummul kitab atau induknya kitab. Arti dari al fatihah sendiri adalah pembuka.

Surat al fatihah terdiri atas 7 ayat, surat ini merupakan surat makkiyah, karena diturunkan di makkah.

Bacaan Surat Al Fatihah
Untuk memudahkan untuk membaca dan memahami surat al fatihah maka di sini di sediakan Bacaan Surat Al Fatihah Arab,  Latin, dan Artinya Lengkap;


No Arab
Latin Artinya
 1.
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
 bismillāhir-raḥmānir-raḥīm Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.
 2.
اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ
al-ḥamdu lillāhi rabbil-'ālamīn Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam,
 3.
 الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِۙ
ar-raḥmānir-raḥīm Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang,
 4.
 مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِۗ
māliki yaumid-dīn Pemilik hari pembalasan.
 5.
اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ
iyyāka na'budu wa iyyāka nasta'īn Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.
 6.
  اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ ۙ
ihdinaṣ-ṣirāṭal-mustaqīm Tunjukilah kami jalan yang lurus,
 7.
صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ
 ṣirāṭallażīna an'amta 'alaihim gairil-magḍụbi 'alaihim wa laḍ-ḍāllīn   (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

   

Keutamaan Surat Al Fatihah


Surat Al Fatihah sebagai surat pembuka dalam al-qur'an yang juga disebut sebagai induk al-qur'an atau induknya kitab, memiliki banyak sekali keutamaan. Surat dengan 7 ayat ini memiliki banyak sekali fadhilah apabila kita amalkan dan rutin kita baca. Diantara keutamaan-keutamaan surat Al Fatihah adalah sebagai berikut:

  1. Dimudahkan Hajatnya
    Surat al fatihah dapat memudahkan hajat kita.    Bagi kita yang memiliki hajat dan ingin agar Allah memudahkan hajat kota maka rutin membaca Al fatihah sebanyak 41 kali diantara sholat sunnah dan fardhu selama 40 hari dapat menjadi salah satu jalan agar Allah memudahkan hajat kita.

    Dengan mengamalkan hal tersebut kemudian setelah itu menyebutkan hajat-hajat kita dan percaya kepada allah, maka insyaa Allah, dengan izin-Nya Hajat kita akam dimudahkan oleh-Nya

  2. Bisa di gunakan sebagi Ayat untuk Ruqyah
    Ruqyah tentu tidak asing lagi bagi kita, Ruqyah merupakan metode penyembuhan dengan cara membacakan sesuatu pada orang yang sakit akibat dari ‘ain, sengatan hewan, bisa, sihir, rasa sakit, gila, kerasukan dan gangguan jin.

    Apa benar Al fatihah dapat digunakan sebagai bacaan untuk ruqyah? Dari Abu Sa’id Al-Khudri berkata, “Dalam sebuah perjalanan jauh, kami singgah di suatu tempat. Kemudian datang hambasahaya perempuan berkata, ‘ketua kampung kami sakit, adalah di antara kalian yang bisa meruqyah?

    Lalu salah seorang di antara kita bangkit dan kami tidak tahu sebelumnya dia bisa meruqyah. Kemudian laki-laki itu meruqyahnya sehingga si ketua kampung itu sembuh. Karena itu sang ketua kampung menyuruh memberinya hadiah 30 kambing dan kami dijamu dengan susu kambing.

    Ketika dia kembali kami bertanya kepadanya apakah dia ahli meruqyah atau pernah meruqyah? Laki-laki itu menjawab, saya hanya membacakannya Ummul Kitab (Alfatihah).

    Kami katakana padanya agar jangan menceritakan hal ini hingga  kita datang atau menanyai Rasulallah.

    Ketika kita sudah sampai Madinah kami menceritakannya kepada Nabi Saw, beliau berkata, ‘siapa yang mengajarinya bahwa Surat Alfatihah adalah bacaan ruqyah? Kalau begitu bagi-bagi saja hadiahnya dan jangan lupa untuk saya.’.” (HR. Bukhari)

  3. Surat Al-Fatihah Sebagai Obat
    Ketika kita sakit, tentu hendaklah kita berikhtiar dengan pergi berobat ke dokter atau membeli obat di apotek. Ternyata, surat Al Fatihah dapat juga menjadi obat dan membantu proses penyembuhan juga.

    Keutamaan surat al fatihah yang satu ini seringkali diabaikan oleh kebanyakan orang, padahal amalan yang ternilai sederhana ini dpat menjadi salah satu penyembuh bagi kita.

    Untuk sakit mata, gigi, dan sakit perut, bisa dilakukan dnegan cara membaca surat al fatihah sebanyak 40 kali kemudian ditiupkan pada air dalam gelas dan air tersebut di usapkan pada seluruh bagian tubuh yang sakit sambil membaca al fatihah satu kali.

  4. Surat Al-Fatihah Sebagai saran Meminta Jodoh
    Apakah benar surat al fatihah dapat digunakan untuk meminta jodoh?

    Amalan surah al fatihah secara rutin dapt memudahkan kita mendapat jodoh, caranya adalah dengan membaca 40 kali surah al fatihah pada tempat yang berisi air, kemudian ari tersebut diusapkan pada kedua belah  tangan, kedua kaki, wajah dan seluruh tubuh.
  5. Membaca Surat Al-Fatihah Syarat Sah Sholat
    Seperti yang kita ketahui bahwa surat al fatihah adalah surat yang wajib dibaca dalam sholat, apabila ketika sholat kita melupakan surat al fatihah maka tidak sah lah sholat tersebut, itulah mengapa surat al fayihah menjadi salah stau syarat sah nya sholat.
  6. Membaca Surat Al-Fatihah dapat Dilancarkan Rezekinya
    Selain surat al waqiah dan ar-rahman juga al-mulk, surat Al fatihah juga dapat memperlancar rezeki.

    Dengan rutin membaca surat-surat tersebut dan meyakini bahwa Allah akan melancarkaj rezeki-Nya untuk kita, maka insyaa allah rezeki kita akan dierlancar dan dipermudah karena amalm-amalan itu.
  7. Membaca Surat Al-Fatihah tentunya akan Mendapatkan Pahala Membaca Sepertiga Al Quran
    Dalam kitab ‘Qaddasallaahusirrahu, dalam riwayat Syeikh Muhyiddin Ibnul Arabi, salah satu fadhillah yang akan didapati para mukmin ketika membaca surat Al Fatihah adalah sama seperti pahala membaca sepertiga Al Qur’an.

    Ternyata selain surat Al Fatihah, membaca surat al ikhlaspun dinilai sama dengan membaca sepertiga Al-qur'an. Amalan yang kita nilai begitu sederhana ternyata besar sekali fadhilahnya.
  8. Membaca Surat Al-Fatihah Bisa Terhindar Dari Godaan Syetan Ketika Sedang Tidur
    Membaca surat al fatihah sebelum tidur dibarengi dengan membaca doa mau tidur ternyata dapat membuat kita terhindar dari Godaan syetan ketika sedang tertidur, juga menjaga kita saat kota tidur, dan memcegah kita untuk mengalami mimpi buruk. Jadi, jangan lupa diamalkan ya.
  9. Syarat Wajib Membaca Al Fatihah Dalam Sholat
    Seperti yang kita ketahui bahwa dalam. Sholat membaca surat al fatihah adalah wajib. Berikut ketentuan yang harus dipenuhi membaca surat al fatihah dalam sholat:
    • Membaca surat al fatihah secara lengkap. Tanpa meninggalkan satu ayatpun.
    • Surat al fatihah harus dibaca pada saat posisi berdiri sudah sempurna(apabila sholat dalam keadaan berdiri) tidak sah bacana alfatihahnya apabila membaca surat al fatihah pada saat posisi berdiri belum sempurna
    • Membaca surat al fatihah dengan niat benar-benar ingin membaca surat al-fatihah bukan agar di dengar orang lain. 
    • Surat al fatihah yang tengah di baca harus terdengar oleh diri sendiri atau orang yang sedang sholat, apabila ada ayat yang tidak terdengar oleh diri sendiri, maka membaca surat al fatihah nya  tidaklah sah.
    • Membaca surat al fatihah harus dalam bahasa arab
    • Membaca surat al fatihah dengan semua tasydidnya
    • Tidak ada huruf yang dikurangi dalam bacaan surat al fatihahnya
    • Bacaan surat al fatihahnya benar sehingga tidak terjadi kesalahan makna
    • Tidak berhenti terlalu lama dari satu ayat ke ayat sleanjutnya atau muwalah
    • Tertib dan sesuai urutan yang sudah tertulis dalam mushaf
Bacaan, Keutamaan dan Fadhilah Surat Al Fatihah - Ternyata banyak sekali keutamaan dari surat al fatihah, selain itu juga ternyata membaca surat al fatihah saat sholat memiliki bamyak hal yang harus diperhatikan agar surat al fatihah yang kita baca menjadi sah. semoga itu tadi menjadi tambahan ilmi untuk kita semua.

Wassalamualaikum wr. wb.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel