Doa Sebelum Belajar, Arab, Latin dan Artinya - Juragan Do'a -->

Doa Sebelum Belajar, Arab, Latin dan Artinya

Daftar Isi [Tampil]

doa belajar supaya diberi kemudahan

Asalamu'alaikum..


Doa Sebelum Belajar, Arab, Latin dan Artinya - Belajar atau mempelajari akan suatu hal, baik itu hal baru ataupun hal lainnya. Belajar baik itu dimanapun kita bisa belajar, di sekolah kita menuntut ilmu sekolah, di rumah di jalan di dalam kendaraan umum kita pun bisa belajar. Karena pada intinya belajar bukan hanya sekedar kita duduk diam mendengarkan guru di dalam kelas, atau sibuk dengan tumpukan buku yang tebal- tebal.

Akan tetapi belajar juga bisa dari apa- apa yang kita temui di jalan atau saat kita dalam perjalanan, saat kita berjumpa dengan orang baru yang memiliki peribadi dan sopan-santun yang baik, maka kita bisa belajar  dari hal itu.

Ada banyak hal saat bertemu dengan orang baru kita bisa ambil pelajaran tentang bagaimana bersikap dan  bertindak yang baik, sebagaimana orang yang kita temui, akan tetapi jika yang kita temui itu tak baik maka kita juga bisa ambil pelajaran jangan sampai kita pun ikut atau memiliki sifat yang tak baik.

Belajar atau menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan dari usia anak-anak, remaja, dewasa, sampai orang tua sekalipun. Menuntut ilmu merupakan perintah Allah SWT kepada kita selaku hamba-Nya.
طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Artinya:

 "Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan." (HR Al-Baihaqi)

Kami yakin kita semua pernah mendengar ungkapan bahwa baik muslim dan perempuan itu diwajibkan untuk menuntut ilmu, yups benar sekali dan hadist diataslah yang menjadi dasarnya. Dan pasti setiap perintah dalam Agama Islam itu tidak ada yang sia-sia pasti membawa kemamfaatan yang luar biasa, setiap yang membawa manfaat biasanya ada halangan dan rintangan untuk mengerjakkannya.

Maka dari itu kita harus meminta petunjuk kepada Allah SWT, doa dengan perasaan keyakinan bahwa Allah akan mudahkan dan mampukan kita dalam menuntut ilmu. Serta yang diucapkan seperti yang sesuai dan telah di anjurkan oleh Rasulallah SWT sebagaimana seperti doa dibawah ini.

Doa Sebelum Belajar #1

Arab:

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Latin:

Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa

Artinya :

“Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik“

Doa Sebelum Belajar #2

Arab:

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Latin:

Robbi zidnii 'ilman warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-shoolihiin

Artinya:

"Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik"

Setelah ilmu itu kita dapat berkat karunia Allah SWT dengan wasilah Doa Sebelum belajar yang secara istiqomah kita lakukan disetiap hendak menuntut ilmu. Lalu, kemudian kita berharap ilmu yang kita dapatkan tentunya membawa manfaat yang luar biasa, buat diri kita sendiri serta keluarga khususnya. Dan umumnya buat segenap manusia diatas muka bumi ini. Maka dari itu hendaklah kita panjatkan doa sebb:

Doa agar di beri ilmu yang manfaat #1

Arab:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Latin:

ALLAHUMMA INNI AS ALUKA ‘ILMAN NAFI’AN WA RIZQAN THOYIBAN WA ‘AMALAN MUTAQABBALAN

Artinya:

"Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang manfaat, rizki yang baik dan amal yang diterima."

Selain Doa sebelum belajar ada baik nya kita juga mengajarkan untuk membaca Doa setelah belajar. Setelah  selesai belajar agar ilmu yang sudah di baca atau di pelajari di jaga oleh Allah SWT sehingga dapat bermanfaat untuk diri kita sendiri dan orang lain.

Namun pendidikan saja tidak cukup. Yang paling penting adalah ilmu yang bermanfaat. Sebanyak apapun ilmu yang telah diraih, dan sebanyak apapun gelar pendidikan yang telah diraih, namun jika tidak bermanfaat, maka semuanya sia-sia.

Untuk itu, Rasulullah Saw pernah mengajarkan sebuah doa agar kita senantiasa diberikan oleh Allah ilmu yang bermanfaat. Doa ini diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzi melalui sahabat Ibnu Abbas. Berikut doanya:

Doa agar di beri ilmu yang manfaat #2

Arab:

ِاَللَّهُمَّ انْفَعْنِيْ بِمَا عَلَّمْتَنِيْ وَعَلِّمْنِيْ مَا يَنْفَعُنِيْ وَزِدْنِيْ عِلْمًا، اَلْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَأَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ حَالِ أَهْلِ النَّار

Latin:

Allahummanfa’ny bima allamtani wa allimni ma yanfauni wa zidni ilman. Alhamdulillahi ala kulli halin wa audzubillahi min hali ahlin nar.

Artinya:

“Ya Allah, jadikanlah sesuatu yang telah engkau ajarkan kepadaku menjadi bermanfaat. Dan ajarkanlah aku sesuatu yang bermanfaat bagiku serta tambahkanlah ilmuku. Segala puji bagi Allah atas semua keadaan. Dan aku berlindung kepada Allah dari perilaku ahli neraka.”

Baca Juga: Doa Dimudahkan Segala Urusan dan Hajat Dunia-Akherat

Doa Setelah Belajar

Latin:

RABBANAN FA'NAA BIMA 'ALAMTANALDZII  YANFA'UNAA WA ZIDNAA 'ILMAN WALHAMDULILLAHI 'ALA KULLI HAL

Artinya:

"Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.

Doa agar di jauhkan dari ilmu yang tak manfaat

Latin:

Allâhumma innî a‘ûdzubika min ‘ilmin lâ yanfa‘ wa qalbin lâ yakhsya‘ wa ‘amalin lâ yurfa‘ wa du‘âin lâ yusma‘

Artinya:

“Ya Allah aku berlindung dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyu’, amal yang tidak diangkat (diterima), dan doa yang tidak didengar.”

Semoga dengan ilmu ini kita diberikan keberkahan ilmu yang manfaat, yang berguna bagi agama dan bangsa, serta generasi selanjutnya.

Banyak ilmu atau pandai ilmu tapi kalau tak di amalkan atau tak manfaat maka akan sia- sia dan sayang ilmunya. Ada juga orang yang tau ilmu nya tapi tak pandai untuk mengamalkan ilmunya itupun akan sia-sia.

Belajar itu tak ada batasan nya walau sudah berusia senja kita masih wajib untuk terus belajar dan menuntut ilmu. Belajar dan menuntut ilmu tak hanya melulu ada di bangku sekolah.belajar dan menuntut ilmu bisa dari mana saja, belajar tentang hal baru atau belajar lagi pehamanan tentang agama dan belajar terus belajar untuk menjadi peribadi yang lebih baik dan kita bisa bermanfaat bagi semua orang - orang di sekitar kita.

Mempelajari dari apa yang terjadi di sekeliling kita, mempelajari hal hal baik yang manfaat baik buat kita peribadi maupun untuk orang banyak balajar pun tak harus kepada seorang guru atau kepada yang usia nya lebih lebih tua dari kita.terkadang pada anak yang usia nya di bawah kita pun kita bisa mempelajari hal baru yang baik.

Mari kita terus belajar dan memepelajari hal- hal baru yang manfaat dan baik agar hidup kita pun bisa makin berwarna dan ramai akan hal hal baru.
Wasalammu'alaikum - Salam Juragan Doa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel