Sholat Sunnah Taubat dan Doanya - Juragan Do'a -->

Sholat Sunnah Taubat dan Doanya

Daftar Isi [Tampil]

Asalamu'alaikum
Sholat Sunnah Taubat - Sholat sunnah taubat adalah sholat yang disunahkan, sholat ini dilakukan setelah seseorang melakukan dosa atau merasakan berbuat dosa, lalu bertaubat kepada Allah ta'ala.

   Bertaubat dari suatu dosa, artinya menyesal atas perbuatan yang di lakukannya dan kelak tidak akan melakukannya lagi disertai permohonan ampunan kepada Allah.

     Setiap manusia pasti pernah melakukan salah dan khilaf, entah itu yang di sengaja atau tidak, besar atau kecil, pada dasar nya manusia emang tempat nya salah dan khilaf.

    Akan tetapi walau begitu , manusia yang lekas lekas bertaubat  dan memohon ampunan setelah melakukan salah dan khilaf adalah sebaik - baik nya manusia, bertaubat dengan sesungguhnya dan bertaubat dengan sungguh sungguh.

  Apakah Allah akan mengampuni dan menerima taubat kita???
Tentu saja Allah akan terima dan memaafkan segala kesalahan dan dosa-dosa kita walau dosa dan kesalahan kita seluas samudra dan setinggi langit, karena memang Allah maha pengasih dan maha penyayang.

   Dosa dan kesalahan, entah itu yang saat ini atau  yang dulu  jika kita ingat pernah melakukan kesalahan maka alangkah baik nya lekas lekas memohon ampunan dan bertaubat-taubatan nasuha.

   Jangan pernah berputus asa atas rahmat -Nya , sebesar apa pun kesalahan dan dosa kita.
Tak usah memikirkan apakah dosa kita akan di ampuni atau tidak, apakah amal kita akan di terima atau tidak.

   Jika terlalu besar kesalahan yang sudah di perbuat, jika dalam hati gelisah dan selalu bertanya - tanya akan kah Allah mengapuni kita, lekas buang jauh-jauh pikiran itu. Tugas kita hanya memperbaiki diri berbuat baik dan melangkah dan berusaha menjadi lebih baik lagi, urusan bagaimana kita setelah melakukan banyak dosa yang dulu pernah khilaf, yang terpenting kita sudah bertaubat. Mengaku salah dan memohon ampunan, insya Allah, Allah akan mengampuni semua kesalahan kita, kita perbaiki diri dan berpikir baik pula.

   Jika dosa kita sebesar gunung maka ingatlah ampunan Allah seluas samudra, jangan pernah berputus asa atas rahmat dan kasih satang -Nya, mari kita belajar tentang sholat sunnah taubat.

BACA JUGA: DDoa akan Membaca Al-Quran

Niat sholat taubat

 
Usholli sunnatat taubati rok'ataini lillaahi ta'aalaa

Artinya :" aku niat sholat sunnat taubat dua roka'at karena Allah ta'ala

Jumlah roka'atnya ada 2, 4, 6 Roka'at.

Bacaan dan tata cara nya sama seperti sholat sholat lain nya

Perbanyak istigfar, bacaan istigfar nya adalah sdebagai berikut ini

ASTAGHFIRULLAHAL LADZII LAA ILAAHA ILLAA HUWAL HAYYUL QAYYUUMU WA ATUUBU ILAIHI.

Artinya: “ Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.”

Bacaan istighfar ini hendaknya diucapkan sebanyak 100 kali sambil diresapi artinya dalam hati dengan setulus-tulusnya

Setelah memperbanyak istigfar lalu membaca doa
Berikut ini adalah doa Nya Sayyiidul Istighf

sayyidul istghfar
ALLAHUMMA ANTA ROBBII LAA ILAAHA ILLAA ANTA, KHOLAQTANII WA ANA ‘ABDUKA WA ANA ‘ALA ‘AHDIKA WA WA’DIKA MASTATHO’TU. A’UDZU BIKA MIN SYARRI MAA SHONA’TU, ABUU-U LAKA BINI’MATIKA ‘ALAYYA, WA ABUU-U BI DZANBII, FAGHFIRLII FAINNAHUUA LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBA ILLA ANTA

Artinya:

" Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hambamu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku padamu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau."

   Dan Allah pun menyukai orang yang benar benar bertaubat dan memperbaiki diri seperti ya Allah firman kan

BACA JUGA: Doa bacaan Wudhu Lengkap dan jenis air yang bisa buat berwudhu

Allah berfirman dalam Al Quran surah At Tahrim ayat 8, yang artinya:


“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat nasuha. Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.” (QS. At-Tahrim ayat 8)

  Maka dari itu  nikmat mana lagi yang kita dustakan, walau kita telah melakukan banyak kesalahan akan tetapi Allah selalu menunggu kehadiran kita, Allah selalu menunggu taubat kita.
Semoga bermanfaat dan semoga bisa membantu

Wasalammu'alaikum - Juragandoa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel