Doa Sebelum dan sesudah makan dan Artinya - Juragan Do'a -->

Doa Sebelum dan sesudah makan dan Artinya

Daftar Isi [Tampil]
Assalamualaikum wr. wb.
   Doa makan dan sesudah makan dan Artinya - Syaiton selalu berada disekeliling manusia, mereka ada untuk menghasut manusia ke jalan yang tidka diridhai Allah agar kelak para keturunan nabi adam as. Masuk ke neraka bersama mereka. Syaiton selalu membisikan manusia hal hal yang menjerumuskan manusia kedalam dosa, mereka akan melakukan segala cara agar manusia masuk keperangkap mereka. Syaiton mengawasi setiap gerak gerik yang dilakukan manusia agar ia tahu kelemahan orang tersebut sehingga mudah jatuh dalam perangkapnya. Maka dari itu, kita sebagai hamba Allah hendaklah membaca doa dalam setiap kegiatan kita agar kita senantiasa dijauhkan dari bisikan dan godaan syaiton dalam hal sekecil apapun.

BACA JUGA: Doa agar dapat berangkat haji dan umroh

 Pernah mendengar bahwa seseorang yang makan tanpa membaca doa maka makanannya menjadi tidak berkah karena dibantu oleh syaiton? Allahu alam bishawab, tapi, hendaklah kita selalu membaca doa ketika kita akan melakukan kegiatan bahkan kegiatan sekecil makan, hal tersebut dilakukan untuk menghindari godaan syaiton dari hal hal yang tidak baik seperti memakan hal-hal yang haram dan tidak berhenti makan ketika perut sudah kenyang.  Walaupun membaca doa sebelum makan adalah hal yang sederhana tapi ketika hal sederhana tersebut dibiasakan maka akan mendapat pahala dari Allah swt. Selain itu, hendaklah kita juga mrmbaca doa setelah kita selesai hal tersebut menunjukkan rasa syukur kita terhadap rezeki yang Allah berikan kepada kita berupa makanan, kita juga berharap agar makanan yang kita makan menjadi energi positif untuk tubuh kita dan juga mengandung keberkahan.

 Berikut doa sebelum dan sesudah makan:

1. Doa sebelum makan

Doa makan dan sesudah makan dan Artinyaِ
ALLOOHUMMA BAARIK LANAA FIIMAA RAZAQTANAA WAQINAA 'ADZAA BANNAAR

Artinya :
Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka

2. Doa sesudah makan

doa sesudah makan arab

“Alhamdu lillahhil-ladzi Ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa minal muslimiin

Artinya:
“Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk golongan orang muslim.” (HR.Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi).

 Selain berdoa kegiatan sesederhana makan juga tetap diatur adabnya dalam islam, hal tersebut bertujuan untuk membiasakan umat muslim berperilaku baik dan santun dalam setiap perbuatan.

Diantara adab-adab makan tersebut adalah: makan menggunakan tangan kanan, membaca doa ketika sebelum dan sesudah makan, berhenti makan sebelum kenyang, makan-makanan yang halal dan menyehatkan, tidak berisik saat mengunyah makanan, dan tidak boleh mencela makanan. 

BACA JUGA: Do'a saat menjenguk orang sakit

  Semoga kita semua dapat membiasakan diri untuk berdoa dan menerapkan adab yang baik sesuai ajaran islam dalam setiap kegiatan yang kita lakukan tidak lupa selalu mengingat dan menyebut Allah dalam setiap langkah kita agar apa yang kita lakukan diridhai oleh-Nya. Aamiin aamiin ya robbal alaamiin, semoga bermanfaat.

Wasalamualaikum wr. wb.

Salam - Juragandoa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel