Doa Agar Mudah Menghafal Al-Quran - Juragan Do'a -->

Doa Agar Mudah Menghafal Al-Quran

Daftar Isi [Tampil]
Doa Agar Mudah Menghafal Al-Quran - Kita menyadari bahwa kebanyakan orang pada umumnya cukup merasa kesulitan untuk menghafalkan sesuatu, baik itu pelajaran dan lain sebagainya. Terlebih jika kita diminta untuk menghafalkan kitab suci agama kita yaitu Islam, pasti ada saja alasannya. Pertama mungkin beralasan tidak mempunyai waktu lah, Susah mengingat lah, Sudah Tua Lah, dan masih banyak segudang alasan lainnya.

Untuk satu alasan yang satu ini: susah dalam mengingat atau menghafal kami ada solusinya, tapi untuk alasan yang lain mohon maaf kami tidak bisa membantu. Sebab, kita semua pasti sepakat bahwa alasan itu cuma gambaran dari rasa malas yang kita tidak sanggup untuk mengatasinya.

Nah, baiklah bagi anda yang masih Anak-anak, Remaja ataupun yang sudah dewasa jika mempunyai kendala untuk bisa menghafalkan Al-Quran, maka anda sudah sangat tepat bisa berkunjung ke blog juragandoa ini, dan membaca artikel dengan judul Doa Aga Mudah Menghafal Al-Quran. Mungkin ini merupakan petunjuk dari Allah SWT untuk mempermudah cita-cita anda untuk menjadi seorang yang hafal Al-Quran.

BACA JUGA: Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara


Sebagaimana yang sudah kita tahu bahwa apapun yang kita hendak lakukan yang berkenaan dengan ibadah dalam islam, hendaknya harus sesuai dengan tuntunan Nabi kita yang Agung yaitu Rasul Muhammad SAW, demikian jugan dengan keilmuan yang akan kita bagikan ini yaitu Doa Agar Mudah Menghafal Al-Quran ada 3 point yang harus secara istiqomah untuk baca dengan mengharap ridho serta pertolongan dari Allah SWT, berupa kemudahan dan rasa semangat juang dalam menghafalkan Al-Quran.

Doa Agar Mudah Menghafal Al-Quran

1. Imam as-Suyuthi dalam al-Itqan, menyebutkan bahwa Mughirah bin Subai‘, salah satu sahabat Ibnu Mas‘ud radhiyallahu anhu pernah berkata, ‘Barangsiapa yang membaca 10 ayat dari surat al-Baqarah pada malam hari, maka ia tidak akan lupa dengan hapalan al-Quran, yaitu: 4 ayat permulaannya, Ayat Kursi, 2 ayat sesudah Ayat Kursi, dan 3 ayat terakhir’. Imam as-Suyuthi menyebutkan atsar ini berdasarkan riwayat Imam ad-Darimi dalam Sunan-nya.

2. Bacalah doa dibawah ini setiap hari sebanyak 3 kali, doa ini diajarkan oleh Rasulallah SAW :

Artinya:  Ya Allah, aku meminta kepada-Mu jiwa yang yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang redha dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa-cukup dengan pemberian-Mu. (Hadis Riwayat at-Thabrani)

3. Sebagaiman Kata Sayyid Hasan bin Shalih al-Bahr, ‘Untuk bisa mengamalkan serta mudah memahami ilmu dan  tidak gampang lupa, maka hendaklah mengulang-ulang doa dibawah ini;

Artinya: Ya Allah, sungguh aku meminta kepada-Mu pemahaman para Nabi, ingatan para Rasul, dan ilham para malaikat yang mempunyai kedudukan istimewa. Ya Allah, cukupkan aku dengan ilmu. Hiasi diriku dengan ilmu (kesantunan dan kelembutan). Muliakan aku dengan takwa. Baguskan diriku dengan kesehatan. Duhai, yang Maha Pengasih di antara yang mengasihi. Imam as-Suyuthi menyebutkan atsar ini berdasarkan riwayat Imam ad-Darimi dalam Sunan-nya.

BACA JUGA: Doa Sebelum dan sesudah makan

Demikianlah yang bisa kami bagikan pada kesempatan ini; Doa Agar Mudah Menghafal Al-Quran, semoga bisa menjadi wasilah amal sholeh yang bermanfaat, serta mendapat ganjaran yang mengalir tiada henti dari Allah SWT, sebab ilmu yang bermanfaat karena diamalkan oleh banyak orang. Aamin

Salam dari kami, kurangnya kami mohon dimaafkan - wassalamu'alikum warahmatullahi..wabarakaatuh - juragandoa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel