10 Doa Mustajab Jadi Amalan Yang Paling Dicari - Juragan Do'a -->

10 Doa Mustajab Jadi Amalan Yang Paling Dicari

Daftar Isi [Tampil]
Asalamu'alaikum bertemu lagi teman-teman dengan blog juragandoa, yuk mari kita lanjut lagiartikelnya.

    Setiap orang pasti punya masalah yang berbeda beda dan mempunyai keinginana dan cita-cita  yang berbeda pula, setiap orang pernah merasa ada di posisi yang paling sulit dan tak sedikit ada yang berputus asa, tapi kita harus ingat berputus asa itu suatu yang sangat di larang olleh Allah SWT, Allah tidak menyukai orang-orang yang berputus asa akan suatu hal.

   Untuk apa kita berputus asa dan tak berdaya bukan kah ada Allah yang siap membantu dan menolong apa pun masalah dan kesusahan kita, asal kita mau meminta dan berdoa kepadaNya, Allah pasti akan datang untuk menolong umat -Nya.

10 Doa Mustajab Jadi Amalan Yang Paling Dicari

Sebagaimana firman Allah berikut ini yang artinya:

 “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS. Al Mu’min: 60)

    Kita sudah di suruh untuk berdoa apa pun masalah nya, Allah tak memandang siapa yang berdoa dan memohon kepada-Nya. Setiap yang datang dan berdoa pasti Allah akan kabulkan, tinggal kapan dan dimana Allah kan kabulkan doa-doa kita hanya Allah yang tau kapan doa kita akan terkabul. Itu karena memang hanya Allah lah yang maha tau jika kita berdoa, tapi jika  merasa belum di kabulkan janganlah berputus asa. Mungkin saja, doa kita di ganti sama yang lebih baik untuk kita menurut Allah, atau doa kita sedang di tunda menunggu waktu yang pas menurut Allah. Kita wajib percaya dan wajib yakin Allah akan memberi yang terbaik tapi waktu nya hanya Allah yang tahu.

   Berdoa  dan memohon kepada Allah , Allah tempat mengadu dan meminta, sebagaimana anjuran Nabi besar Muhammad, sangat menganjurkan kita supaya berdooa kepada Allah:

  Sabda Rasulallah SAW yang artinya:

“Tiada seorang berdo’a kepada Allah dengan suatu do’a, kecuali dikabulkanNya, dan dia memperoleh salah satu dari tiga hal, yaitu dipercepat terkabulnya baginya di dunia, disimpan (ditabung) untuknya sampai di akhirat, atau diganti dengan mencegahnya dari musibah (bencana) yang serupa.” (HR. Ath-Thabrani)

  Banyak keuntungan dan faedahnya yang akan kita dapatkan jika kita selalu rajin istiqomah berdoa dengan mengingat Allah SWT.

Maka dari itu kami dari team blog juragandoa, bukanlah maksud dan tujuan kami untuk menggurui teman-teman semua, tapi mari kita belajar bersama-sama, tentang bacaan dan doa apa saja yang baik dan mustajab, tentunya yang di ajarkan oleh Rasulallah Muhammad SAW:

10 Doa Mustajab Jadi Amalan Yang Paling Dicari

    1. Membaca Surat Al Fatihah

Salah satu bacaan surat yang mustajab dijadikan doa agar keinginan tercapai. Surat Al Fatihah merupakan “Ummul Kitab” atau induk dari Al Qur’an. Surat Al Fatihah juga merupakan surat yang wajib dibaca ketika shalat. Ayat ke 5 surat Al Fatihah berbunyi:

“Iyyakana’budu wa iyyakansta’in.”

Artinya: “Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.”

 Al-fatehah merupakan umul kitab atau inti dari isi surat Al fateh yang  baik jika kita sering dan mengulang- ulang membaca nya bisa semakin mempercepat terkabulnya doa kita insya allah.

Dasarnya Sabda Nabi Muhammad SAW:

Allah berfirman dalam hadist Qudsi: “Aku membagi shalat antara Aku dan hamba-Ku menjadi dua dan untuk hamba-Ku apa yang ia minta.” Maka jika sang hamba membaca (Alhamdulillahirabbil’alamin) Allah berkata: “Hamba-Ku menyukuri aku,” dan jika membaca (Araahman arrahiim) Allah berkata: “Hamba-Ku memuji Aku,” dan jika membaca (Maalikiyaumiddiin) Allah berkata: “Hamba-Ku pasrah kepada-Ku, dan jika membaca (Iyyakana’budu wa iyyakanasta’iin), Allah berkata: “Ini antara Aku dan hamba-Ku, dan untuk hamba-Ku apa yang ia minta,” dan jika membaca (Ihdinashiratolmustaqiim shiratoladzina an’amta ‘alaihim ghairil maghdhubi’alaihim waladhoollin), Allah berkata: “Ini untuk hamba-Ku dan untuk hamba-Ku apa yang ia pinta.” (HR. Muslim)

2 .Membaca Doa Hajat

Laa illaha illallahul haliimul kariimu subhanallahi robbil ‘arsyil “azim. Alhamdulillahi robbil ‘alamin. As ‘aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaimaa maghfirotika wal ghoniimata min kulli birri wassalaamta min kulli itsmin laa tada’ lii dzamban illa ghafartahu walaa hamman illa farojhtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimin.”

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Lembut dan Maha Pemyantun. Maha Suci Allah pemelihara Arsy Yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru seklaian malam. Kepada-Mu lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Maha Pengasih Dan Penyayang.”

  Sebelum membaca doa hajat hendak nya melakukan sholat sunnah hajat terlebih dahulu, setelah solat sunnah hajat lalu membaca doa hajat tersebut diatas.

 3. Membaca Surat Al Baqarah: 285-286

Ayat-ayat ini merupakan ayat terakhir dalam surat Al Baqarah. Biasanya ayat-ayat ini dibaca setelah ayat kursi atau sebagai penerus dari ayat kursi ketika hendak memanjatkan hajat atau keinginan.

Dalilnya Dari Abu Mas’ud Al Badri Ra. bahawasanya Nabi Muhammad Saw. bersabda:

“Siapa yang membaca dua ayat terkahir dari surat Al Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan.” (HR. Bukhari Muslim)

Kecukupan yang dimaksud dalam hadist tersebut adalah kecukupan bagi dunia dan akhirat. Maka segala kebutuhan kita di dunia dan akhirat akan terpenuhi jika kita mengamalkannya dengan baik. Tentunya, di samping itu kita juga harus senantiasa taat kepada Allah dengan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Baca Juga: Doa dan Amalan Supaya di Beri Kelancaran Rejeki

4. Membaca Surat Al Ikhlas

  Banyak keutamaan dari surat Al ikhlas ini, sutat Al ikhlas jika kita baca di ulang ulang insa allah akan membuat cepat nya doa kita akan di kabulkan oleh Allab, Surat Al Ikhlas adalah surat ke 112 dalam Al Qur’an. Surat ini hanya terdiri dari empat ayat. inti dari surat ini adalah tentang mengesakan Allah SWT.

Dalilnya Dalam sebuah hadist dikatakan:
“Sesungguhnya Rasullah Saw. mendengar seseorang berkata: “Ya, Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu, bahwa diriku bersaksi sesungguhnya Engkau (adalah) Allah yang tidak ada ilah yang haq disembah kecuali Engkau Yang Maha Esa, Yang bergantung (kepada-Mu) segala sesuatu, Yang tidak beranak dan tidak pula dipernakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan-Nya,” kemudian Rasullah Saw. bersabda: “Sungguh dirimu telah meminta kepada Allah dengan nama-Nya, yang jika Ia diminta dengannya (pasti akan) memberi, dan jika Ia diseur dengannya, (pasti akan) mengabulkannya.

 5. Perbanyak Berdzikir

Berdzikir artinya mengingat Allah. Dengan memperbanyak mengingat Allah, maka kita pun akan lebih sering diingat oleh Allah, logikanya seperti itu. Selain itu, apabila kita sering mengingat Allah, maka akan lebih mudah terjaga dari perbutan maksiat yang dapat menghambat terkabulnya sebuah doa

6. Perbanyak Membaca Istighfar

Alasan utama seseorang berdoa kepada Allah SWT adalah agar segala kebutuhan dan keinginannya terpenuhi. Entah itu masalah ekonomi, konflik sosial, pekerjaan atau lain sebagainya. Membaca istighfar dapat mengeluarkan kita dari segala kesulitan.

Dalilnya Sabda Nabi Muhammad SAW:

“Barang siapa yang memperbanyak istighfar, niscaya Allah akan melapangkan kesusahannya, memberi jalan keluar pada setiap kesuakarannya, dan memberi rezeki tanpa diguga-duga.” (HR. Abu Daud dan Nasa’i)

Baca Juga: Doa Ketika Hujan Turun dan Angin Kencang Serta Banjir

7. Membaca Ayat Kursi (Al Baqarah: 255)

Ayat kursi merupakan ayat ke 255 dalam surat Al Baqarah. Disebut sebagai ayat kursi karena isi dari ayat tersebut menjelaskan tentang kemartabatan Allah SWT dan mencakup nama Allah yang paling agung, yaitu Al Hayyu dan Al Qayyum. Karena alasan tersebut ayat ini juga diberi julukan sebagai ayat yang paling agung dalam Al Qur’an. Kesitimewaan tersebut memberikan nilai tambah ketika kita membacanya saat memiliki hajat atau keinginan agar tercapai.

8. Membaca Asmaul Husna

Asmaul Husna adalah sebutan bagi nama-nama Allah. Jumlah dari Asmaul Husna ada 99. Beberapa manfaat dari membaca Asmaul Husna, diantaranya: mendapatkan kebaikan, berkah, perlindungan dari Allah SWT dan dikabulkannya doa.

Dalilnya Firman Allah SWT:
“Allah mempunyai Asmaul Husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaul husna itu…” (QS. Al-A’raf 7:180)

9. Membaca Shalawat Nabi

Bersahalawat kepada Nabi Muhammad Saw. merupakan suatu penghormatan kepada beliau. Bahkan Allah SWT dan para malaikat-Nya pun bershalawat kepada Nabi. Suatu perbuatan yang amat tidak terpuji apabila kita mendengar nama Nabi Muhammad Saw. disebut, maka kita tidak bershalawat kepadanya. Selain bershalawat merupakan penghormatan kepada Nabi Muhammad Saw., dengan shalawat juga dapat menjadi asbab terkabulnya doa.

Baca Juga: Doa Memohon Kecerdasan dan Ilmu yang Bermanfaat Untuk Anak

Dalilnya Hadits berikut yang artinya:
Umar bin Khattab Ra. berkata: “Saya mendengar bahwa doa itu ditahan di antara langit dan bumi, tidak akan dapat naik, sehingga dibacakan shalawat atas Nabi Muhammad Saw.” (HR. Tirmidzi)

10. Membaca Surat Yasin

Selayaknya sebuah tubuh yang memiliki jantung, Al Qur’an juga memilikinya. Jantung Al Qur’an adalah surat yasin. Keistimewaan dari surat yasin sangatlah banyak, salah satunya adalah diampuni dosa-dosanya. Dengan diampuninya dosa, akan membuat diri kita menjadi lebih bersih. Sehingga dalam berdoa dapat dikabulkan dengan cepat.

Dalilnya sabda Nabi Muhammad SAW:
“Barang siapa yang membaca surat yasin di permulaan siang dan mendahulukannya di depan hajatnya, maka hajat itu akan terpenuhi.” (HR. Abasy Syaikhi dari Abi Hurairah Ra.)

Salah satu cara meminta kepada Allah SWT untuk mewujudkan keinginan kita adalah dengan berdoa. Selain berdoa, kita juga harus ikhtiyar (berusaha) untuk mewujudkan keinginan tersebut. Doa dan usaha harus seimbang agar keinginan kita lekas terkabul. Jika hanya berdoa tanpa usaha, itu akan sia-sia, dan jika hanya berusaha tanpa berdoa, itu berarti sombong. Perlu diketahui, bahwa berdoa merupakan salah satu perintah Allah kepada hamba-Nya.

Baca Juga: Doa Harian Pendek Sesuai Sunnah

Setiap manusia pasti memiliki banyak keinginan. Terkadang kita merasa sulit bahkan tidak mampu untuk mewujudkan keinginan tersebut. Karena sejatinya adalah setiap sesuatu yang kita miliki adalah pemberian dari Allah SWT. Sekeras apapun usaha kita untuk mewujudkan sebuah keinginan, akan tetapi jika Allah SWT tidak menghendakinya, maka keinginan itupun tidak akan pernah terwujud.

Kita hanyalah makhluk yang tidak memiliki kekuatan dan sesuatu adapapun jika Allah SWT tidak memberikannya. Oleh karena itu, dalam setiap hidup ini, kita sangat bergantung pada Allah SWT sebagai satu-satunya Tuhan yang patut disembah dan hanya Dia-lah yang mampu memberikan segala kebutuhan kita.

   Manusia hanya berusaha Allah lah yang menentukan dan Allahlah yang mempunyai kuasa atas apa yang ada di bumi dan apa yang ada di langit.

   Demikian lah kita telah belajar tentang 10 doa dan amalan-amalan yang sangat mustajab dan di anjurkan oleh nabi besar Muhammmad SAW, semoga bermanfaat dan semoga bisa membantu, mohon maaf apabila ada kesalahan pada penulisan

    Wasalammu'alaikum

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel